Kamis, 16/05/2024 - 17:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Pakar: Pemerintah Belum Bertindak Tegas Soal Tiktok Shop

Tiktok (Ilustrasi). Pakar menilai pemerintah belum bertindak tegas soal keberadaan Tiktok Shop.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Pakar keterbukaan informasi publik dan pelindungan data pribadi, Alamsyah Saragih, menilai pemerintah perlu untuk bersikap berani dan tegas terhadap platform Tiktok Shop. Menurut dia, pemerintah semestinya bisa bersikap tegas melindungi usaha kecil mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak platform itu.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Berkaitan dengan Tiktok Shop yang punya impact ke UMKM, pemerintah perlu berani dan tegas. Masak, untuk nikel pemerintah bisa tegas, untuk melindungi UMKM dalam negeri tidak?” ujar Alamsyah lewat keterangannya, Kamis (21/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Anggota Ombudsman periode 2016-2021 itu menilai, regulasi untuk mengatur e-commerce seperti Tiktok Shop mendesak dibuat dan diterapkan. Menurut Alamsyah, meskipun akan ada kesulitan dalam pelaksanaannya, ke depan akan diperoleh masukan dari pelaksanaan agar menjadi lebih efektif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Taruna STIP Marunda Wafat Dianiaya Senior, Polisi: Pelaku Tunggal, Rekannya tak Terlibat

Dia mengatakan, pemerintah mungkin punya keraguan karena peraturan tersebut harus lebih tajam dan luas untuk bisa efektif, seperti perlu mengatur hingga pemanfaatan algoritma. Substansi yang ada, kata dia, bisa jadi belum sampai ke sana.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, yang dia sebut juga membuat pemerintah ragu adalah adanya kemungkinan pihak Tiktok berhasil meyakinkan kehadiran mereka justru menguntungkan kepentingan nasional. “Saran saya, lakukan suatu konsultasi melibatkan stakeholder yang lebih luas sebelum disahkan, agar kemanfaatan bisa lebih dipastikan sebelum disahkan,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Inilah 5 Keunggulan Samsung S23, Ponsel Berukuran Kecil dengan Performa Berkelas Dengan Harga Terjangkau di Blibli

Alamsyah juga menerangkan, karena persoalannya lintas dimensi, maka mulai dari pihak terdampak negatif hingga yg diuntungkan harus diajak untuk membahas peraturan bersama dengan instansi terkait. Di samping itu, pemerintah juga dia sebut tidak perlu terlalu khawatir tentang dampak terhadap politik dagang luar negeri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Karena hari ini isu digital marketing dan pemanfaatan algoritma ini sudah menjadi isu internasional. Pemerintah bisa menjadi inisiator untuk melakukan pertemuan-pertemuan multilateral dalam isu ini. Yang terpenting, kepentingan nasional kita untuk lindungi UMKM terlaksana lebih cepat. Jangan sampai sudah hancur baru mulai berinisiatif,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi