Sabtu, 04/05/2024 - 04:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Putra Mahkota Saudi: Normalisasi dengan Israel Semakin Dekat

ADVERTISEMENTS

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan, perwujudan normalisasi diplomatik antara Israel dan Saudi semakin dekat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

RIYADH — Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) mengatakan, perwujudan normalisasi diplomatik antara Israel dan Saudi semakin dekat. Saat ini negosiasi normalisasi Saudi-Israel yang ditengahi oleh Amerika Serikat (AS) masih berlangsung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Setiap hari, kami semakin dekat,” kata MBS kepada stasiun televisi AS, Fox News, yang disiarkan pada Rabu (20/9/2023) malam.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pemerintahan Presiden AS, Joe Biden terus berupaya untuk menengahi hubungan bersejarah antara Saudi dan Israel yang merupakan sekutu utama Washington di Timur Tengah. Negosiasi normalisasi Saudi-Israel berlangsung cukup rumit. Pembicaraan mengenai normalisasi juga mencakup kemungkinan konsesi Israel kepada Palestina, serta diskusi mengenai jaminan keamanan AS dan bantuan nuklir sipil yang diinginkan Riyadh. MBS mengatakan kepada Fox’s Special Report, masalah Palestina sangat penting bagi Riyadh.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Presiden Turki dan Emir Qatar Diskusikan Situasi Kemanusiaan di Gaza

“Kita perlu menyelesaikan bagian itu,” kata MBS ketika ditanya apa yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan normalisasi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kami harus melihat ke mana kami pergi.  Kami berharap hal ini dapat meringankan kehidupan rakyat Palestina, menjadikan Israel sebagai pemain di Timur Tengah,” ujar MBS dalam bahasa Inggris.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

MBS juga mengatakan, jika Iran mendapatkan senjata nuklir, maka Arab Saudi juga harus mendapatkan senjata yang sama. Arab Saudi dan Israel telah lama menjadi musuh Iran. Namun hubungan Saudi dan Iran membaik sejak Riyadh dan Teheran sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik pada Maret.

Berita Lainnya:
Iran Serang Israel, Menlu Retno Pastikan tak Ada Korban WNI

Pernyataan MBS disiarkan setelah pertemuan antara Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu di sela-sela sidang tahunan Majelis Umum PBB di New York. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin berjanji untuk bekerja sama mewujudkan normalisasi Israel-Saudi, yang dapat membentuk kembali geopolitik Timur Tengah. Kedua pemimpin juga mengatakan Iran tidak boleh diizinkan memperoleh senjata nuklir.

Wawancara dengan pembawa acara Fox, Bret Baier, merupakan wawancara pertama MBS di televisi AS sejak 2019. Arab Saudi telah terlibat dalam kontroversi, terutama setelah dugaan peran MBS dalam pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi pada 2018.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi