Sabtu, 18/05/2024 - 12:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Apa Itu Mati Batang Otak, yang Dialami Bocah 7 Tahun Meninggal Setelah Operasi Amandel?

JAKARTA — Kasus menyayat hati terjadi di Bekasi, Jawa Barat. Bocah tujuh tahun berinisial BAD meninggal dunia setelah didiagnosis mengalami mati batang otak seusai menjalani operasi pengangkatan amandel di salah satu rumah sakit (RS) Kartika Husada, Bekasi. BAD yang diduga korban malapraktik tersebut mengembuskan napas terakhir pada Senin (2/10/2023) sekitar pukul 18.45 WIB.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kematian akibat kegagalan batang otak terjadi ketika seseorang kehilangan fungsi dari batang otak mereka secara permanen, yang mengakibatkan kehilangan kesadaran dan kemampuan bernapas yang tidak dapat pulih. Ketika kondisi ini terjadi, ventilator dibutuhkan untuk membantu menjaga jantung tetap berdetak dan menyediakan oksigen melalui aliran darah.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dilansir NHS Inform pada Selasa (3/10/2023), kematian seseorang dianggap terjadi ketika fungsi batang otak mereka hilang secara permanen. Dulu, konfirmasi kematian adalah proses yang relatif sederhana. Kematian dianggap terjadi ketika jantung berhenti berdetak, individu tidak merespons rangsangan apa pun, dan mereka berhenti bernapas. Kurangnya pasokan oksigen akibat berhentinya aliran darah akan dengan cepat menyebabkan kegagalan batang otak secara permanen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Namun, konfirmasi kematian saat ini menjadi lebih rumit karena jantung dapat tetap berdetak setelah batang otak kehilangan fungsinya. Ini bisa dicapai dengan menggunakan ventilator, yang memberikan oksigen buatan kepada tubuh dan jantung meskipun individu tidak akan pernah sadar atau bernapas lagi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ketika batang otak telah kehilangan fungsinya secara permanen, tidak ada cara untuk mengembalikannya, dan pada akhirnya, jantung akan berhenti berdetak, bahkan jika ventilator tetap digunakan. Untuk menghindari penderitaan yang tidak perlu bagi keluarga dan teman-temannya, ketika ada bukti yang jelas bahwa kematian otak telah terjadi, individu tersebut akan diputuskan dari ventilator.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kalimat yang Sebaiknya tak Diucapkan Nenek dan Kakek kepada Cucu

Batang otak adalah bagian bawah otak yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang, dan ini merupakan bagian penting dari sistem saraf pusat. Batang otak bertanggung jawab untuk mengatur sebagian besar fungsi otomatis tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, seperti pernapasan, detak jantung, tekanan darah, dan menelan. Selain itu, batang otak juga berperan dalam mengirimkan informasi antara otak dan seluruh tubuh, sehingga sangat berperan dalam fungsi inti otak, seperti kesadaran, kewaspadaan, dan pergerakan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Setelah kematian otak terjadi, tidak mungkin bagi seseorang untuk tetap sadar. Kematian otak dapat disebabkan oleh berhentinya pasokan darah dan/atau oksigen ke otak.

ADVERTISEMENTS

Beberapa penyebab meliputi serangan jantung (ketika jantung berhenti berdetak dan otak kekurangan oksigen), serangan jantung (keadaan darurat medis serius ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba terhenti), strok (keadaan darurat medis serius ketika suplai darah ke otak terhambat atau terganggu), pembentukan bekuan darah yang dapat mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh, cedera kepala parah, pendarahan otak, infeksi seperti ensefalitis, atau tumor otak. Kadang-kadang, ada kondisi yang membuat seseorang tampak seolah-olah mengalami kematian otak, meskipun ini jarang terjadi.

ADVERTISEMENTS

Hal ini dapat disebabkan oleh overdosis obat, terutama barbiturat, atau hipotermia parah ketika suhu tubuh turun di bawah 28 derajat Celsius. Untuk alasan ini, serangkaian tes dilakukan untuk memastikan apakah kematian otak benar-benar terjadi, seperti tes cahaya mata yang tidak merespons.

Kematian otak juga dapat berperan penting dalam pertimbangan donasi organ dan jaringan. Ada sejumlah kriteria yang harus terpenuhi untuk mendiagnosis kematian batang otak:

– Individu harus dalam keadaan tidak sadarkan diri dan tidak merespons rangsangan dari luar.

Berita Lainnya:
Dampak Cuaca Panas Ekstrem Bagi Kesehatan Seperti yang Terjadi di Thailand

– Detak jantung dan pernapasan hanya dapat dipertahankan dengan menggunakan ventilator.

– Harus ada bukti yang jelas bahwa telah terjadi kerusakan otak yang serius dan tidak dapat dipulihkan.

Sebelum melakukan tes kematian batang otak, dokter harus melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan bahwa gejala tersebut tidak disebabkan oleh faktor lain seperti overdosis obat-obatan terlarang, suhu tubuh yang sangat rendah (hipotermia), atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Setelah faktor-faktor ini dieliminasi, tes dilakukan untuk memastikan kematian otak. Diagnosis kematian otak harus disetujui oleh dua dokter senior yang tidak terlibat dalam tim transplantasi rumah sakit. Para dokter akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan bahwa kematian batang otak telah terjadi. Kriteria ini harus terpenuhi oleh dua dokter yang berbeda untuk mengkonfirmasi diagnosis. Tes ini melibatkan:

– Pemeriksaan cahaya pada kedua mata untuk melihat apakah mereka bereaksi terhadap cahaya.

– Mengusap kornea mata dengan tisu atau kapas untuk memeriksa reaksi mata.

– Pemberian tekanan pada dahi dan cubitan hidung untuk melihat apakah ada gerakan sebagai respons.

– Pemberian air es ke telinga untuk memicu gerakan mata.

– Pemasangan tabung plastik tipis di trakea untuk melihat apakah itu memicu tersedak atau batuk.

– Penghentian sementara penggunaan ventilator untuk melihat apakah individu mencoba bernapas sendiri.

Kematian otak akan didiagnosis jika individu tidak merespons dengan benar terhadap semua tes ini. Terkadang, anggota tubuh atau batang tubuh seseorang dapat bergerak, bahkan setelah kematian batang otak telah didiagnosis. Ini adalah gerakan refleks sumsum tulang belakang yang tidak melibatkan otak, sehingga tidak mempengaruhi diagnosis kematian otak.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi