Sabtu, 04/05/2024 - 05:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

WIKA Beton Pasang PLTS Atap di Dua Pabrik Guna Tekan Emisi Karbon

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Wijaya Karya Beton Tbk atau WIKA Beton (WTON) memulai proses pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada dua pabrik yang beroperasi menggunakan energi listrik dari PLTS, yaitu di Bogor dan Majalengka, Jawa Barat, sebagai upaya mengurangi emisi karbon nasional.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Perseroan menggandeng PT Agra Surya Energy sebagai penyedia layanan untuk mengeksekusi rencana penggunaan energi terbarukan dari matahari pada proses produksi beton pracetak, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Corporate Secretary WIKA Beton, Dedi Indra mengatakan solar panel akan dipasang pada atap jalur produksi utama, dan digunakan untuk kegiatan utama pabrik dengan total daya listrik yang dihasilkan mencapai 682 kilo watt (kWP). Dari segi lingkungan, ia menyebut pengoperasian PLTS pada dua pabrik tersebut mampu mengurangi emisi karbondioksida (CO2) hingga 532.812 kilogram (kg) per tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kapal Pesiar Singgahi Bali di Masa Libur Lebaran 2024
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Selain itu, konsumsi energi listrik dari PLN pun dapat dihemat hingga 15 persen,” ujar Dedi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Ke depan, lanjutnya, perseroan akan secara bertahap menambah jumlah pabrik yang menggunakan PLTS, yang merupakan bagian dari program dekarbonisasi sebagai penyelarasan program industri hijau dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Adapun, langkah perseroan di antaranya yaitu pengurangan emisi CO2 dari sumber energi, dan mengganti sistem yang bergantung pada bahan bakar fosil dengan sumber daya rendah karbon seperti energi terbarukan, termasuk PLTS.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Perseroan telah melaksanakan berbagai program seperti menggunakan solar cell untuk tenaga listrik lampu di seluruh jalan area pabrik dan area stockyard sejak 2022,” ujar Dedi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ikuti Arahan Erick Thohir, Asuransi Kredit Indonesia Terus Bertansformasi di Usia Baru

Dedi mengatakan, perseroan konsisten memanfaatkan olahan air limbah produksi, serta menggunakan limbah fly ash sebagai campuran beton untuk mengurangi pemakaian semen. “Perseroan selalu menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap lini operasi bisnis,” ujar Dedi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebagai informasi, WIKA Beton membukukan laba bersih senilai Rp 13,59 miliar pada semester I 2023, atau menurun 77 persen year on year (yoy) dibandingkan sebelumnya senilai Rp 60,72 miliar pada periode sama 2022. Penurunan laba tersebut menyusul menurunnya pendapatan usaha sebesar 2,16 persen (yoy) menjadi Rp 1,81 triliun, dibandingkan sebelumnya senilai Rp 1,85 triliun pada periode sama 2022.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi