Kamis, 16/05/2024 - 02:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gibran Belum Layak Cawapres, JK: Sulitlah Indonesia Dipimpin Anak yang Tidak Punya Pengetahuan yang Cukup

BANDA ACEH – Semua pihak tengah menunggu putusan Mahkamah Konstitusi terkait sejumlah gugatan syarat capres-cawapres, mulai usia hingga syarat pernah jadi kepala daerah. Putusan ini dinilai sangat mempengaruhi peta Politik ke depan khususnya soal konfigurasi capres-cawapres.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Tak hanya itu, putusan itu juga dinilai sebagai karpet merah untuk anak Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pilpres 2024.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla punya pandangan sendiri soal dinamika di MK saat ini. Dia menilai, anak tak punya pengalaman cukup sulit memimpin Indonesia yang begitu besar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Maka tidak mungkin, sulitlah rasanya dipimpin oleh anak yang tidak punya pengetahuan yang cukup, pengalaman yang cukup, dan juga sikap-sikap yang cukup, yang ada leadership yang kuat, ya kan?” kata JK dalam wawancara khusus di program infoA1 kumparan, Kamis (13/10).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Diduga Buat Laporan Kampanye Fiktif, Partai Nasdem Kabupaten Lingga Terancam Diskualifikasi

Indonesia merupakan negara dengan penduduk 270 juta, dengan 18 ribu pulau dan berbagai suku. Masalah ekonomi, politik, sosial, juga sangat kompleks.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Itu harapan kita semua, semoga dipahami itu, bahwa ini bukan negeri kayak katakanlah di Laos, atau penduduk yang hanya 5 juta, atau penduduk di tempat negara-negara kecil. Ini negara terlalu besar. Jangan jadikan percobaan,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

JK lalu ditanya soal Gibran, apakah sudah cukup memenuhi syarat untuk memimpin negeri ini. Eks Ketum Golkar itu punya pandangan sendiri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Saya tidak terlalu mengenal secara pribadi ya, tapi dari sisi kalau saya lihat wawancara-wawancara tidak pernah membahas tentang suatu masalah, penyelesaian suatu masalah, tidak pernah saya dengan visi apa yang akan, dan juga tentu kita tidak punya pengalaman, pengalaman, sesuatu yang bisa dia selesaikan dengan baik,” tutur dia.

ADVERTISEMENTS

Di sejumlah negara memang banyak anak muda dengan pemikiran brilian. Misalnya Kennedy yang pernah jadi gubernur termuda di usia 42 tahun. Bila mau disamakan dengan aturan di Indonesia–yang mensyaratkan 40 tahun–pun masih lebih tua.

ADVERTISEMENTS

Beda cerita bila Indonesia menganut sistem kerajaan.

Berita Lainnya:
Ternyata Ini 2 Alasan PKS Sulit Masuk Koalisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

“Kalau kerajaan, enggak apa-apa. Ada Perdana Menteri. Walaupun kayak, Korea Utara, otoriter, muda dia, di bawah 30 dia. Tapi akibatnya apa? Negaranya maju enggak? Negara termasuk yang termiskin di dunia, penduduknya juga tidak sebanyak kita,” ucap dia.

Sumber: Gelora

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi