Kamis, 02/05/2024 - 08:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Damkar Pasar Minggu Edukasi Cara Mencegah Kebakaran untuk Anak TK

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Puluhan siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Nuryakin mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran Sektor Pasar Minggu, Jalan Salihara, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023). Kunjungan siswa-siswi tersebut ke kantor Damkar tersebut untuk belajar mengenal bagaimana petugas pemadam kebakaran bekerja dan apa saja tugas-tugasnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Di depan siswa-siswi TK Nuryakin, petugas Damkar Sektor IV Pasar Minggu, Solihin menjelaskan apa saja tugas dari Pemadam Kebakaran. Solihin juga memperlihatkan Alat Pelindung Diri (APD) yang dipakai para petugas ketika bertugas memadamkan api di lokasi kebakaran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Ada helm, fire jacket, celana, sarung tangan, celana, dan masker,” kata Solihin, Selasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Solihin menyebut petugas juga bisa memakai baju anti panas dan baju anti api untuk melindungi diri ketika kebakaran terjadi. “Beratnya sampai 18 kilogram,” kata dia.

ADVERTISEMENTS

Solihin juga menjelaskan apa saja yang bisa memicu kebakaran. “Pertama jangan memainkan HP ketika sedang dicas. Karena arus listriknya bisa memicu arus pendek,” kata Solihin.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BREAKING NEWS! Kebakaran Hebat Landa Meunasah Mayang Aceh Besar

Selain itu, jangan main korek api, apalagi di musim panas atau kemarau seperti sekarang ini. Jangan sekali-kali membakar sampah. “Asapnya juga bisa menyebabkan sakit paru-paru,” ucap Solihin.

Solihin juga mewanti-wanti agar tidak memasang colokan listrik yang melebihi kapasitasnya. Misalnya pakai colokan yang kapasitasnya 1.300, tapi daya yang dipakai melebihi sehingga bisa memicu percikan api dan terjadinya kebakaran.

Kepala Sekolah TK Islam Nuryakin, Umi menjelaskan tujuan mengajak anak-anak didiknya ke Kantor Pemadam Kebakaran untuk mengenalkan salah satu profesi. Kebetulan, kata Umi, tema pelajaran dua pekan lalu tentang mitigasi bencana, termasuk kebakaran.

“Apalagi saat ini banyak terjadi kebakaran. Jadi anak-anak bisa langsung lihat alat-alat apa saja yang digunakan apabila terjadi kebakaran,” kata Umi.

Selain itu, kata Umi, anak-anak didiknya juga mendapatkan edukasi apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran. “Jadi memang sesuai tema,” ujar Umi.

Berita Lainnya:
Innalillahi, 4 Teknisi Meninggal Saat Melakukan Perawatan Tangki Septik di Cirebon

 

Ranum Qurrota’ Ayun, siswi TK Islam Nuryakin mengaku gembira bisa ikut ke kantor Pemadam Kebakaran Sektor IV Pasar Minggu. Ranum berkata selama kunjungan dia dan teman-temannya mendapatkan banyak pelajaran.

“Kalau ada kebakaran, telepon Pemadam Kebakaran. Kita juga gak boleh main korek api, juga mainin HP waktu dicas, nanti bisa meledak,” kata siswi berusia 5 tahun ini.

Ranum juga senang karena diajak bermain prosotan dan naik ke atas mobil Pemadam Kebakaran. “Seru naik mobil dan disemprot air seperti mandi hujan,” ujar Ranum.

Tak hanya memberikan edukasi tentang bahaya kebakaran, para petugas Pemadam Kebakaran juga mengajak anak-anak untuk bermain air. Anak-anak TK disemprot menggunakan air dari mobil pemadam kebakaran, sehingga seperti sedang bermain hujan-hujanan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi