Jumat, 03/05/2024 - 07:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Izin Tinggal Salwan Momika Dicabut Tapi Belum Bisa Dideportasi dari Swedia

ADVERTISEMENTS

 STOCKHOLM – Izin tinggal Salwan Momika di Swedia telah dicabut. Momika dikenal karena aksi kontroversialnya membakar Alquran berkali-kali. Meski izin tinggalnya dicabut, Momika belum akan dideportasi dari negara Nordik tersebut karena khawatir nyawanya terancam jika kembali ke Irak.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Stasiun televisi Swedia, TV4, dalam laporannya pada Kamis (26/10/2023) mengungkapkan, Badan Migrasi Swedia membuat keputusan pencabut izin tinggal Momika pekan ini. “Keputusan itu dibuat kemarin dan berarti status serta izin tinggal orang tersebut akan dicabut dan dia akan dideportasi,” ujar Juru Bicara Badan Migrasi Swedia Jesper Tengroth.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Keputusan pencabutan izin tinggal dibuat setelah Badan Migrasi Swedia mengetahui Momika memberikan informasi palsu dalam permohonan suakanya. Menurut Tengroth perintah deportasi terhadap Momika telah diterbitkan. Namun eksekusinya ditunda karena alasan keamanan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Unjuk Rasa Pro Palestina di Kampus, Gedung Putih Buka Dialog
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Orang tersebut (Momika) berisiko menjadi sasaran penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi jika dia kembali ke negara asalnya. Oleh karena itu kami memutuskan bahwa ada hambatan dalam menegakkan deportasi,” kata Tengroth. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Momika telah menerima informasi tentang pencabutan izin tinggalnya oleh Swedia. “Mereka ingin saya meninggalkan negara ini. Mereka menyuruh saya mencari negara yang bisa menerima saya; jika tidak maka itu adalah Irak,” katanya dalam sebuah wawancara dengan TV4.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Alih-alih menerima, Momika justru menyatakan akan mengajukan banding atas keputusan pencabutan izin tinggalnya oleh Badan Migrasi Swedia. Dia membantah telah memberikan informasi palsu dalam permohonan suakanya kepada Swedia. Momika menegaskan kepada TV4 bahwa dia tidak akan meninggalkan negara yang ditinggalinya saat ini.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Konvoi Tentara Israel Mandi Rudal Disergap Hizbullah di Ruwaisat al-Alam, IDF Sensor Jumlah Korban

Sepanjang tahun ini, Momika telah berulang kali melakukan aksi penistaan dan pembakaran Alquran. Aksinya itu menuai kecaman luas dari dunia Islam. Stockholm ditekan serta didesak untuk menghentikan dan menindak Momika.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Namun otoritas Swedia tak bisa mencegah atau menangkapnya. Hal itu karena aksi penistaan atau pembakaran kitab suci masih dipandang sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan berbicara. Kendati demikian, kepolisian Swedia telah mengajukan dakwaan awal kepada Momika, yakni terkait ujaran kebencian.

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi