Kamis, 02/05/2024 - 20:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Semakin Menggurita, Iklan Propaganda Israel Muncul di Video Game Anak-Anak

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Maria Julia Cassis sedang duduk untuk makan di teras rumahnya di London utara ketika putranya yang berusia 6 tahun berlari ke ruang makan dengan wajah yang pucat. Ketika putra Cassis sedang menikmati permainan video games, tiba-tiba di layar ponsel muncul semacam iklan yang menayangkan kelompok bersenjata sedang melakukan kekerasan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Melalui layar hitam di ponsel itu, sebuah pesan dari Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan, “Kami akan pastikan mereka yang merugikan kami membayar harga yang berat”. Cassis, seorang barista berusia 28 tahun dari Brasil, mengatakan, iklan tersebut membuat putranya terguncang dan dia segera menghapus game tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dia terkejut,” kata Cassis.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun munculnya iklan kekerasan di dalam video game tidak hanya dialami keluarga Cassis. Setidaknya lima kasus lain telah didokumentasikan di seluruh Eropa, yaitu memunculkan video pro-Israel yang menampilkan rekaman serangan roket, ledakan api, dan orang-orang bersenjata bertopeng, diperlihatkan kepada para gamer, termasuk beberapa anak-anak. Setidaknya dalam satu kasus, iklan diputar di dalam game populer “Angry Birds” yang dibuat oleh pengembang milik SEGA, Rovio.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
AS Bantah Izinkan Israel Menginvasi Rafah Supaya Iran tak Dibalas Besar-besaran

“Entah bagaimana iklan dengan konten yang mengganggu ini secara keliru berhasil masuk ke permainan kami,” ujar Rovio.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Juru bicara Lotta Backlund tidak memberikan rincian tentang mitra iklan mana yang telah memasok iklan tersebut.  Menurut Kepala Bagian Digital di Kementerian Luar Negeri Israel, David Saranga, video tersebut memang merupakan iklan yang dipromosikan pemerintah. Namun Saranga mengklaim tidak mengetahui  bagaimana video tersebut bisa muncul di berbagai permainan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Saranga mengatakan, rekaman tersebut adalah bagian dari upaya advokasi yang lebih besar oleh Kementerian Luar Negeri Israel. Pemerintah Israel telah menghabiskan 1,5 juta dolar AS untuk iklan di internet sejak serangan mengejutkan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan. Serangan ini memicu pengeboman membabi buta  yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina di Gaza.

Saranga menegaskan, para pejabat telah secara khusus menginstruksikan pengiklan untuk memblokirnya bagi orang-orang di bawah 18 tahun. Dia membela sifat grafis dari kampanye iklan tersebut.

Berita Lainnya:
Xi Jinping Undang Generasi Muda Taiwan Kejar Mimpinya di China

“Kami ingin dunia memahami apa yang terjadi di Israel.  Ini adalah pembantaian,” kata Saranga.

Reuters menghubungi 43 perusahaan periklanan yang terdaftar di situs Rovio sebagai mitra data pihak ketiga untuk mencoba memastikan siapa yang memasang iklan di video game tersebut.  Dari mitra tersebut, hanya 12 yang merespons, termasuk Amazon, Index Exchange, dan Pinterest. Ketiga perusahaan ini mengatakan, mereka tidak bertanggung jawab atas iklan yang muncul di Angry Birds.

Saranga mengatakan, Kementerian Luar Negeri telah menggelontorkan anggaran untuk membayar perusahaan iklan termasuk Taboola, Outbrain, Google dan X, yang sebelumnya dikenal sebagai TwitterTaboola dan Outbrain mengatakan, mereka tidak memiliki keterkaitan dengan iklan di video game tersebut. Sementar  Google memasang lebih dari 90 iklan untuk Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar. Sedangkan X tidak menanggapi permintaan komentar.

Berikut beberapa game yang terselip iklan propaganda Israel…

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi