Sabtu, 18/05/2024 - 21:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Kadis LHK Aceh Serahkan Apresiasi Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Pj Gubernur Aceh diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh menyerahkan Apresiasi Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023 bagi sekolah yang telah menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), yaitu sekolah yang melaksanakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan dalam menerapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH), Jum’at (03/11/2023) di Aula Pinus merkusii DLHK Aceh.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023 dilanjutkan rangkaian acara penyerahan sarana pemilahan sampah ke pada sekolah Adiwiyata provinsi tahun 2023, sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2022 dan tahun 2023 serta sekolah pembinaan GPBLHS.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Acara tersebut diisi diskusi tanya jawab serta performance dari kader Adiwiyata sekolah SMPN 17 Banda Aceh dan MIN 5 Banda Aceh serta cerita success story keberhasilan SMPN 6 Banda Aceh memperoleh Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2023 oleh Ibu Syarifah Nargis.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, A. Hanan, SP., MM. yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Ir. Anizar, MP dan Sub Koordinator Standarisasi dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup/ PPLH DLHK Aceh, M. Subhan, ST., MT.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pilgub Aceh 2024, Partai Diharap Berani Usung Calon dari Eksternal

Seleksi penerimaan Penghargaan Adiwiyata Provinsi Aceh ini dilakukan oleh DLHK Aceh. Dimulai dengan seleksi administrasi terhadap pengusulan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP) dari Kabupaten/Kota. Sebanyak 15 dokumen dan data/file CSAP yang masuk dan lolos administrasi, kemudian dilakukan verifikasi lapangan dan penilaian dokumen oleh Tim Penilai Adiwiyata Provinsi yang dibentuk oleh Gubernur Aceh. Total sebanyak 10 Sekolah menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi (SAP) Tahun 2023.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dari hasil penilaian itu, kemudian Gubernur Aceh menetapkan 10 Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023, melalui Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 860/1163/2023 Tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata Provinsi Aceh Tahun 2023, yaitu:
1. SDN 67 Percontohan Banda Aceh
2. SDN 1 Sabang
3. MIN 1 Banda Aceh
4. SDN 2 Banda Aceh
5. SMPN 1 Pante Bidari Aceh Timur
6. SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur
7. SMPN 2 Sabang
8. SMPN19 Banda Aceh
9. SMPN 5 Sabang
10. SMAN 1 Ingin Jaya

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kepala Dinas LHK Aceh A. Hanan mengatakan bahwa perolehan penghargaan Adiwiyata tahun 2023 meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk Sekolah Adiwiyata Provinsi Tahun 2022 lalu, sebanyak 8 SAP, dan Tahun 2023 menjadi 10 SAP. Selanjutnya Tahun 2022, hanya 1 (satu) Sekolah Adiwiyata Nasional (SAN), sedangkan pada tahun 2023 menjadi 5 SAN.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Pj Gubernur Harap Masyarakat Aceh di Sumut Ikut Dukung Pelaksanaan PON

“Kenaikan yang signifikan ini adalah tantangan tugas bagi Tim Adiwiyata Provinsi/DLHK Aceh untuk melakukan pembinaan GPBLHS dan sekolah Adiwiyata di Aceh agar terobosan menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Asean Eco School (sekolah ramah lingkungan tingkat ASEAN) segera tercapai”, tambah A. Hanan.

ADVERTISEMENTS

“Ini prestasi yang luar biasa yang diperoleh kembali oleh Aceh pada Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2023. Selamat buat seluruh sekolah ramah lingkungan agar semakin menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, konservasi air, konservasi energi, dan inovasi terkait penerapan perilaku ramah lingkungan hidup lainnya berdasarkan hasil identifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup dan terimakasih untuk semua perusahaan sebagai mitra kerja yang telah membantu memberi tong sampah sebagai sarana pemilahan sampah,”ujar A. Hanan.[]

ADVERTISEMENTS

Artikel Kadis LHK Aceh Serahkan Apresiasi Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi