Pernyataan resmi terbaru PT Rekso Nasional Food, selaku pemegang waralaba McDonald’s di Indonesia.
JAKARTA — PT Rekso Nasional Food merasa sangat prihatin atas eskalasi konflik di Jalur Gaza, Palestina. Sebagai pemegang waralaba dan pengembang merek McDonald’s di Indonesia, perseroan memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai kemanusiaan.
“Kesedihan ini dirasakan oleh segenap direksi dan karyawan PT Rekso Nasional Food,” begitu siaran pers McD Indonesia dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (6/11/2023).
PT Rekso Nasional Food ingin mendukung upaya dari berbagai pihak, termasuk pemerintah Indonesia. Karena itu, perseroan akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban di Gaza, Palestina.
“Bantuan ini akan kami salurkan melalui organisasi sosial yang responsif dalam menangani para korban,” demikian pertanyaan manajemen.
Perseroan berharap, dapat melihat terwujudnya perdamaian dengan segera. Sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan, terutama anak-anak dan wanita akibat konflik ini.
Dalam kesempatan itu, manajemen PT Rekso Nasional Food juga merespons perhatian masyarakat atas pembayaran royalti. Perseroaan menegaskan bahwa peruntukannya semata untuk mendapatkan hak menggunakan merek dan standardisasi sistem operasional McDonald’s.
“Penerimaan dari royalti tersebut tidak digunakan oleh perusahaan McDonald’s Corporation global untuk mendanai ataupun mendukung pemerintah mana pun yang terlibat dalam konflik ini,” begitu bunyi pernyataan manajemen.
Sebelumnya, McDonald’s Indonesia yang dimiliki PT Rekso Nasional Food ikut mengomentari aksi McDonald’s Israel yang membagi-bagikan makanan gratis kepada tentara dan warga Israel disaat militer Zionis sedang gencar memborbardir wilayah Jalur Gaza. Pihak McDonald’s Indonesia pada Jumat (20/10/2023), merilis pernyataan resmi.
Namun, dalam pernyataan resmi yang dirilis ke awak media, pihak McDonald’s Indonesia tidak sama sekali menyebut kata Palestina ataupun Gaza. Alih-alih menggunakan dua kata tersebut, McDonald’s Indonesia lebih memilih menggunakan kata Timur Tengah untuk menyebut pertempuran yang terjadi antara Israel dan Hamas.
“PT Rekso Nasional Food sangat prihatin melihat eskalasi konflik baru-baru ini di Timur Tengah. Sebagai pemegang waralaba yang memiliki peran dalam mengembangkan jaringan McDonald’s di Indonesia, bagi kami komunitas adalah jantung dari bisnis perusahaan. Simpati kami tujukan kepada para korban, keluarga mereka, dan komunitas yang terdampak,” kata Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Meta Rostiawati, dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (20/10/2023).
Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches
Sumber: Republika