Sabtu, 27/07/2024 - 09:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Keluar dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional Eropa

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 MOSKOW — Rusia secara resmi telah menarik diri dari pakta keamanan internasional yang membatasi penggunaan senjata konvensional. Rusia mengatakan, perluasan NATO membuat kerja sama tersebut tidak mungkin dilakukan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Rusia secara resmi menarik diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa (CFE) pada Selasa (7/11/2023) tengah malam. Rusia menyebut keputusan ini bersejarah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, perjanjian itu tidak memenuhi kepentingan Rusia, dan negara-negara NATO mulai menghindari pembatasan yang diberlakukan seiring perluasan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Penarikan diri ini dilakukan kurang dari seminggu setelah Presiden Vladimir Putin mencabut ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif (CTBT) yang melarang semua uji coba senjata nuklir, dan meluncurkan uji coba rudal balistik antarbenua yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

CFE ditandatangani pada 1990, setahun setelah runtuhnya Tembok Berlin. CFE menetapkan batasan pada senjata dan peralatan konvensional. 

Berita Lainnya:
Korut Uji Coba Rudal Baru untuk Hulu Ledak Super Besar
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Tujuannya adalah untuk menghentikan saingan Perang Dingin, serta membangun kekuatan yang dapat digunakan dalam serangan cepat.  Perjanjian tersebut tidak populer pada saat itu di Moskow, yang memiliki keunggulan dalam persenjataan konvensional.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

NATO mengatakan, Rusia tidak menghormati ketentuan perjanjian tersebut selama bertahun-tahun. NATO merujuk pada penangguhan partisipasi Moskow pada 2007 dan penghentian partisipasi aktif pada 2015. Lebih dari setahun setelah invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Presiden Rusia, Vladimir Putin menandatangani dekrit yang mengecam pakta tersebut.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Perjanjian CFE diselesaikan pada akhir Perang Dingin, ketika pembentukan arsitektur baru keamanan global dan Eropa berdasarkan kerja sama tampaknya mungkin dilakukan, dan upaya yang tepat telah dilakukan,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia, dilansir Aljazirah, Selasa (7/11/2023)

“Bahkan pelestarian formal Perjanjian CFE menjadi tidak dapat diterima dari sudut pandang kepentingan keamanan fundamental Rusia,” ujar kementerian tersebut, seraya mencatat bahwa AS dan sekutunya tidak meratifikasi versi terbaru perjanjian tersebut pada 1999.

Berita Lainnya:
Israel akan Gelar Serangan Berat, Pasien di Khan Younis Dievakuasi

AS dan sekutunya mengaitkan ratifikasi CFE 1999 yang diadaptasi dengan penarikan pasukan Rusia dari Georgia dan Moldova.  Rusia mengatakan bahwa hubungan tersebut salah.

Perang di Ukraina telah memicu krisis terburuk dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Perang Dingin.  Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan, hubungan Rusia dengan AS berada di bawah nol.

NATO sebelumnya mengecam keputusan Rusia untuk keluar dari CFE. NATO mengatakan, hal itu merusak keamanan Euro-Atlantik.

“Rusia selama bertahun-tahun tidak mematuhi kewajiban CFE. Perang agresi Rusia terhadap Ukraina, dan keterlibatan Belarus, bertentangan dengan tujuan Perjanjian CFE,” kata NATO pada Juni. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا رَكِبَا فِي السَّفِينَةِ خَرَقَهَا ۖ قَالَ أَخَرَقْتَهَا لِتُغْرِقَ أَهْلَهَا لَقَدْ جِئْتَ شَيْئًا إِمْرًا الكهف [71] Listen
So they set out, until when they had embarked on the ship, al-Khidh r tore it open. [Moses] said, "Have you torn it open to drown its people? You have certainly done a grave thing." Al-Kahf ( The Cave ) [71] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi