Jumat, 14/06/2024 - 23:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia Keluar dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional Eropa

 MOSKOW — Rusia secara resmi telah menarik diri dari pakta keamanan internasional yang membatasi penggunaan senjata konvensional. Rusia mengatakan, perluasan NATO membuat kerja sama tersebut tidak mungkin dilakukan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Rusia secara resmi menarik diri dari Perjanjian Angkatan Bersenjata Konvensional di Eropa (CFE) pada Selasa (7/11/2023) tengah malam. Rusia menyebut keputusan ini bersejarah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, perjanjian itu tidak memenuhi kepentingan Rusia, dan negara-negara NATO mulai menghindari pembatasan yang diberlakukan seiring perluasan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) tersebut.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Penarikan diri ini dilakukan kurang dari seminggu setelah Presiden Vladimir Putin mencabut ratifikasi Perjanjian Larangan Uji Coba Nuklir Komprehensif (CTBT) yang melarang semua uji coba senjata nuklir, dan meluncurkan uji coba rudal balistik antarbenua yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

CFE ditandatangani pada 1990, setahun setelah runtuhnya Tembok Berlin. CFE menetapkan batasan pada senjata dan peralatan konvensional. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Rusia: Israel Hambat Pembebasan Sandera yang Ditahan Hamas

Tujuannya adalah untuk menghentikan saingan Perang Dingin, serta membangun kekuatan yang dapat digunakan dalam serangan cepat.  Perjanjian tersebut tidak populer pada saat itu di Moskow, yang memiliki keunggulan dalam persenjataan konvensional.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

NATO mengatakan, Rusia tidak menghormati ketentuan perjanjian tersebut selama bertahun-tahun. NATO merujuk pada penangguhan partisipasi Moskow pada 2007 dan penghentian partisipasi aktif pada 2015. Lebih dari setahun setelah invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Presiden Rusia, Vladimir Putin menandatangani dekrit yang mengecam pakta tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“Perjanjian CFE diselesaikan pada akhir Perang Dingin, ketika pembentukan arsitektur baru keamanan global dan Eropa berdasarkan kerja sama tampaknya mungkin dilakukan, dan upaya yang tepat telah dilakukan,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia, dilansir Aljazirah, Selasa (7/11/2023)

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Bahkan pelestarian formal Perjanjian CFE menjadi tidak dapat diterima dari sudut pandang kepentingan keamanan fundamental Rusia,” ujar kementerian tersebut, seraya mencatat bahwa AS dan sekutunya tidak meratifikasi versi terbaru perjanjian tersebut pada 1999.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Rusia Kaget dengan Penolakan AS dan Jepang Terkait Penempatan Senjata di Luar Angkasa
ADVERTISEMENTS

AS dan sekutunya mengaitkan ratifikasi CFE 1999 yang diadaptasi dengan penarikan pasukan Rusia dari Georgia dan Moldova.  Rusia mengatakan bahwa hubungan tersebut salah.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Perang di Ukraina telah memicu krisis terburuk dalam hubungan Moskow dengan Barat sejak Perang Dingin.  Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan, hubungan Rusia dengan AS berada di bawah nol.

NATO sebelumnya mengecam keputusan Rusia untuk keluar dari CFE. NATO mengatakan, hal itu merusak keamanan Euro-Atlantik.

“Rusia selama bertahun-tahun tidak mematuhi kewajiban CFE. Perang agresi Rusia terhadap Ukraina, dan keterlibatan Belarus, bertentangan dengan tujuan Perjanjian CFE,” kata NATO pada Juni. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ البقرة [14] Listen
And when they meet those who believe, they say, "We believe"; but when they are alone with their evil ones, they say, "Indeed, we are with you; we were only mockers." Al-Baqarah ( The Cow ) [14] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi