Kamis, 02/05/2024 - 06:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Masuki Musim Hujan, Ini Daftar Wilayah Rawan Bencana di Malang

ADVERTISEMENTS

MALANG — Musim penghujan sudah mulai memasuki sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Hal ini termasuk di area Kabupaten Malang yang dalam beberapa waktu terakhir mulai sering diguyur hujan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan menjelaskan hidrometeorologi pada dasarnya merupakan fenomena bencana alam yang terjadi di atmosfer, air dan lautan. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya nyawa, cedera, kerusakan harta benda dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Adapun jenis-jenis bencana hidrometeorologi terdiri atas hujan ekstrem, angin kencang, dan puting beliung. “Lalu banjir, tanah longsor, kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan,” katanya saat dikonfirmasi Republika, Senin (13/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

BPBD Kabupaten Malang sendiri telah memetakan sejumlah wilayah yang rawan mengalami bencana hidrometeorologi. Hal ini terutama untuk area rawan bencana banjir, longsor dan angin puting beliung. Pemetaan ini ditentukan berdasarkan riwayat kejadian di waktu-waktu sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
NASA Ungkap Benda yang Tabrak Rumah Warga di Florida Betul Sampah Luar Angkasa

Adapun wilayah yang rawan terkena banjir atau banjir bandang di Kabupaten Malang antara lain Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Kasembon, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Ada pula Kecamatan Pakis, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. “Lalu Kecamatan Gedangan, Kecamatan Kalipare dan Kecamatan Wagir,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, wilayah yang rawan terkena longsor, yakni Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang, Kecamatan Kasembon, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Kemudian Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Tumpang, Kecamatan Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Dampit dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Selain itu, juga terdapat Kecamatan Wagir, Kecamatan Kromengan, Kecamatan Ngajum dan Kecamatan Wonosari.

Berita Lainnya:
Mengapa Warna Tertentu Terlihat Menonjol Saat Gerhana Matahari Total?

Selanjutnya, daerah yang termasuk rawan angin kencang atau puting beliung di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang. Lalu Kecamatan Pakis, Kecamatan Jabung, Kecamatan Tajinan, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Bululawang, Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Sumberpucung dan Kecamatan Kepanjen.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi