Rabu, 08/05/2024 - 05:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kelompok Ektremis Kulit Putih Kanada Terbukti Bersalah Membunuh Empat Orang Muslim

ADVERTISEMENTS

 OTTAWA — Seorang pria berusia 22 tahun yang mengaku sebagai nasionalis kulit putih Kanada yang juga kelompok ekstremis kanan, dengan sengaja menabrak dan membunuh empat anggota keluarga Muslim dengan truknya pada tahun 2021. Ia kemudian dinyatakan bersalah atas pembunuhan tingkat pertama pada sidang hari Kamis (16/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pembunuhan tersebut mengejutkan Kanada, negara yang mendorong imigrasi massal dan bangga dengan multikulturalismenya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Juri persidangan membutuhkan waktu sekitar enam jam untuk memvonis Nathaniel Veltman, yang menyerang keluarga muslim tersebut di kota London, Ontario. Dia menghadapi hukuman penjara seumur hidup tanpa kesempatan pembebasan bersyarat selama 25 tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Jaksa penuntut berpendapat bahwa serangan tersebut merupakan tindakan terorisme, dengan mencatat bahwa Veltman telah menulis sebuah manifesto berjudul “A White Awakening” yang menguraikan kebenciannya terhadap Islam dan menentang imigrasi massal dan multikulturalisme di Kanada.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Lima anggota keluarga Afzaal, yang berasal dari Pakistan, sedang berjalan-jalan sore pada Juni 2021 ketika Veltman menabrak mereka dengan truknya di trotoar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Para korban adalah Salman Afzaal, 46 tahun, istrinya Madiha Salman, 44 tahun, anak perempuan mereka yang berusia 15 tahun, Yumnah, dan ibu Afzaal yang berusia 74 tahun, Talat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Malaysia Kutuk Serangan Israel terhadap Pekerja Kemanusiaan di Rafah

Anak laki-laki pasangan tersebut yang berusia sembilan tahun menderita luka serius. Veltman, yang tak lama setelah penyerangan itu mengakui kesalahannya. “Saya yang melakukannya. Saya membunuh orang-orang itu,” juga dinyatakan bersalah atas satu dakwaan percobaan pembunuhan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Putusan hari ini merupakan langkah monumental dalam memerangi kebencian dan Islamofobia. Ini menjadi preseden melawan terorisme nasionalis kulit putih,” kata Abdul Fattah Twakkal, seorang imam di Masjid Muslim London, Ontario.

Pengacara Veltman, Christopher Hicks, mengatakan bahwa kliennya terkejut namun tidak mengatakan apakah ia akan mengajukan banding. Sidang vonis akan diadakan pada 1 Desember, kata Canadian Broadcasting Corp.

Ini merupakan serangan terburuk terhadap Muslim Kanada sejak seorang pria menembak mati enam jamaah masjid di Kota Quebec pada tahun 2017.”Kesedihan yang tak kunjung usai, trauma, dan kekosongan yang tak tergantikan yang ditinggalkan oleh hilangnya beberapa generasi telah menusuk kami dengan sangat dalam,” kata ibu Madiha Salman, Tabinda Bukhari, kepada para wartawan.

Berita Lainnya:
Beijing: Veto AS di DK PBB Hancurkan Impian Rakyat Palestina

“Persidangan dan vonis ini merupakan pengingat bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi kebencian dalam segala bentuk yang hidup di masyarakat kita.”

Veltman mengaku tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan. Pembelanya, mengutip apa yang disebut sebagai tantangan mental Veltman, mengatakan bahwa tindakan tersebut merupakan dakwaan yang lebih ringan dari pembunuhan.

Dalam manifesto tersebut, Veltman menulis “Saya seorang nasionalis kulit putih” dan mengatakan bahwa orang kulit putih “menghadapi genosida”. Jaksa penuntut mengatakan bahwa dia juga berulang kali menonton video penembakan massal oleh seorang supremasi kulit putih di Selandia Baru yang menewaskan 51 orang.

Kanada telah mengalami peningkatan tajam dalam kejahatan kebencian yang menargetkan agama, orientasi seksual, dan ras sejak dimulainya pandemi Covid-19, demikian ungkap Statistics Canada tahun lalu.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi