Minggu, 05/05/2024 - 01:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Penyebab Ahli Kubur Kesulitan Menjawab Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir

ADVERTISEMENTS

Tempat Pemakaman Umum. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Manusia akan mendapatkan serangkaian pertanyaan ketika di alam kubur. Pertanyaan-pertanyaan itu ditanyakan oleh malaikat Munkar dan Nakir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bila manusia itu dapat menjawabnya dengan lancar, sudah pasti ia akan selamat di alam kubur. Namun bila manusia tersebut tak dapat menjawab, maka malaikat Munkar dan Nakir akan menyiksanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam tulisan sebelumnya telah disebutkan manusia yang mendapatkan siksa kubur adalah mereka yang kesulitan menjawab pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir. Ketika mereka ditanya tentang agamanya, mereka tak dapat menjawab bahwa Islam adalah agama mereka.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebab saat hidup di dunia mereka ragu terhadap Islam. Selain itu, mereka juga susah mengatakan Alquran adalah imamnya. Sebab saat di dunia ia tak membaca Alquran, tak mempelajari Alquran, dan tak mengamalkan Alquran.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lalu pertanyaan apa lagi yang ditanyakan kepada ahli kubur? Imam Qurthubi melanjutkan penjelasannya dalam kitab at Tadzkirah bahwa ketika malaikat bertanya siapa nabimu?, sebagian ahli kubur sulit mengucapkan ‘Muhammad Nabiku’. Hal itu karena orang tersebut ketika hidup di dunia melupakan sunah-sunah rasul dan meremehkannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Peringatan untuk Ayah Jika tidak Mampu Jadi Kepala Keluarga yang Baik

Selain itu juga, ada orang yang kesulitan menjawab bahwa Ka’bah adalah kibatnya. Sebab saat di dunia mereka lalai dalam ibadah, ketika ibadah pun asal-asalan, bersuci pun asal-asalan, dan pakaian dan makanan mereka berasal dari uang haram. Lalu mereka juga kesulitan berkata bahwa nabi Ibrahim itu ayahku. Sebab ketika di dunia mereka berharap nabi Ibrahim itu adalah dari golongan Yahudi atau Nasrani.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

ومن الناس من يعتاص عليه أن يقول: نبيي محمد لأنه كان ناسيا لسنته ، ومن الناس من يعتاص عليه أن يقول: الكعبة قل قبلتي ، لقلة تحريه في صلاته أو فساد في وضوئه ، أو التفات في صلاته ، أو اختلال في ركوعه وسجوده ، ويكفيك ما روي في فضائلها : أن الله لا يقبل صلاة من عليه صلاة ، ومن عليه ثوب حرام ، ومن الناس من يعتاص عليه أن يقول: إبراهيم أبي ؛ لأنه سمع كلاما يوما أوهمه أن إبراهيم كان يهوديا أو نصرانيا فإذا هو سام مرتاب فيفعل به ما فعل بالآخرين .

Berita Lainnya:
Dampak Penyakit Dengki dan Obatnya

Artinya: Dan sebagian manusia ada yang sukar untuk mengucapkan ‘Muhammad Nabiku’, karena dia melupakan sunah nabi. Dan sebagian manusia ada yang sukar untuk mengucapkan ‘Kabah Kiblatku’ karena tak memperhatikan dalam sholatnya atau rusak dalam wudhunya, atau menoleh ketika sholat atau salah dalam ruku’ dan sujudnya dan mereka menggunakan pakaian haram, dan sebagian manusia kesulitan mengucapkan ‘Ibrahim ayahku’ karena satu hari mereka pernah mendengar ucapan atau harapan bahwa Ibrahim itu akan menjadi Yahudi atau Nasrani. Maka ketika itu dia dalam keraguan hingga dia diperlakukan seperti diperlakukannya kepada orang yang terlahir. (Lihat kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi penerbit Maktabah Darul Minhaj halaman 356).

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi