Selasa, 21/05/2024 - 14:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

UMKM Mulai Boikot Produk Pro Israel, Ini Analisis Dampaknya

Peserta membawa poster boikot McD saat mengikuti aksi damai Indonesia Turun Tangan Bantu Palestina di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Sabtu (21/10/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Aksi boikot produk yang dinilai berafiliasi dengan Israel masih terus berlangsung. Bahkan sejumlah pelaku usaha mulai mengganti bahan bakunya ke produk lain yang tidak pro-Israel.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Yusuf Rendy Manilet menilai, aksi boikot akan terus dilakukan sepanjang konflik antara Israel dan Palestina masih terjadi. Apalagi jika tidak ada komunikasi publik dari produk yang diboikot ke konsumen di dalam negeri.

“Maka saya kira penurunan produk konsumsi yang berkaitan dengan Israel itu masih relatif akan terjadi dalam jangka pendek,” ujarnya kepada Republika, Ahad (19/11/2023).

Berita Lainnya:
Kantor Pusat Bantuan PBB untuk Palestina Dibakar Warga Israel

Ia menuturkan, gerakan boikot ini bukan tanpa dasar, karena ini dilakukan guna menekan terjadinya gencatan senjata dari konflik geopolitik antara Israel dan Palestina. Tidak dipungkiri, kata dia, ada faktor maupun konsekuensi yang muncul dari gerakan boikot produk yang dilakukan masyarakar termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ditambah lagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa haram mengonsumsi berbagai produk yang berkaitan dengan Israel.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Maka, sambungnya, hal itu akan semakin menguatkan aksi boikot dalam skala lebih luas. Fatwa MUI, jelas dia, menjadi pegangan bagi UMKM guna turut melakukan pemboikotan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Turki: Pengakuan Atas Negara Palestina Jadi Pukulan Telak Buat Israel

“Adanya fatwa itu juga akan menjadi pegangan terutama bagi pelaku UMKM di dalam negeri agar fokus atau konsen terhadap masalah. Ini mengingat konsumen mereka relatif banyak ke konsumen Muslim dan punya awareness terkait konflik antara Israel dan Palestina,” ujar Yusuf Rendy. 

 

ADVERTISEMENTS

Perlu diketahui, ada beberapa merek usaha yang sudah mengganti bahan bakunya seperti Bittersweet by Najla dan Donat Bahagia. Keduanya mengumumkan langsung lewat akun Instagram masing-masing.

ADVERTISEMENTS

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi