Selasa, 30/04/2024 - 20:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ekonom: Perlambatan Ekonomi AS dan China Pengaruhi Ekspor Indonesia

ADVERTISEMENTS

Kontainer ditampilkan di pelabuhan di Frankfurt, Jerman, Jumat, 28 Juli 2023. Perekonomian Jerman masih gagal untuk tumbuh, angka menunjukkan Jumat, karena negara yang seharusnya menjadi kekuatan industri untuk seluruh Eropa berjuang dengan harga energi yang tinggi, meningkatnya biaya pinjaman dan rebound yang tertinggal dari mitra dagang utama China.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, perlambatan ekonomi dari Amerika Serikat (AS) dan China dapat mempengaruhi kinerja ekspor Indonesia pada 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Faisal menyebut, Amerika dan China merupakan pasar ekspor terbesar bagi Indonesia. Pelemahan ekonomi yang terjadi pada negara tersebut sedikit banyak berdampak bagi permintaan komoditas di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kementan Lepas Ekspor Produk Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Di akhir 2022 ada gelombang PHK terutama di tekstil, ini tidak lepas dari kondisi di Amerika setelah inflasi naik luar biasa. Masalahnya industri tekstil dan tekstil ini pasar ekspornya adalah Amerika sehingga kontraksi pada Amerika saja bisa berdampak pada PHK,” ujar Faisal dalam “Gambir Trade Talk #12” secara daring di Jakarta, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENTS

Faisal menyampaikan, ekonomi Amerika Serikat diproyeksikan hanya tumbuh 1,5 persen pada 2024. Hal ini didasarkan pada konsumsi masyarakat Amerika Serikat yang melambat. The Fed juga dinilai masih bersikeras mencapai target meredam inflasi hingga 2 persen.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi China juga diprediksi melambat pada 2024 karena melemahnya permintaan domestik setelah kebijakan zero COVID-19 di akhir 2022 dicabut.

Berita Lainnya:
Kementan Pompanisasi Sawah Tadah Hujan Pertanian di Banten

Selain itu, krisis di sektor properti juga dinilai berkontribusi terhadap 25-30 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut Faisal, perlambatan ini berdampak lebih besar dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Namun demikian, Faisal mengatakan, sejak Indonesia menerapkan kebijakan hilirisasi, ekspor ke China mengalami peningkatan yang signifikan, terutama untuk produk-produk turunan nikel.

“Share ekspor ke China luar biasa tinggi, ini bagus tapi hati-hati dengan masalah ketergantungan ke China. Kita harus diversifikasi ke negara-negara lain,” kata Faisal.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi