Selasa, 21/05/2024 - 09:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Resmi Jadi Tersangka, Ini Profil Firli Bahuri

 JAKARTA — Polda Metro Jaya resmi menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam penanganan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. Penetapan status tersebut diputuskan setelah penyidik melaksanakan gelar perkara.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Firli merupakan pensiunan Polri yang menjabat sebagai Ketua KPK sejak 2019. Sebelum menjadi pucuk pimpinan di lembaga antirasuah itu, dia pernah menjadi Deputi Penindakan KPK.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Saat masih aktif di kepolisian, Firli tercatat sempat menjabat Kapolres Persiapan Lampung Timur pada 2001. Karir lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1990 ini pun semakin menanjak.

Pada 2005, pria kelahiran Prabumulih, Sumatera Selatan, 8 November 1963 ini menduduki jabatan Kasat III Ditreskrimum. Polda Metro Jaya. Lalu, pada 2006, dia ditunjuk menjadi Kapolres Kebumen dan setahun kemudian menjabat Kapolres Brebes.

Dua tahun berselang, tepatnya pada 2009, Firli kembali ke Polda Metro Jaya sebagai Wakapolres Metro Jakarta Pusat. Setelah itu, dia dipercaya menjadi Asisten Sespri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2010.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Bus Bawa 35 Penumpang Terguling di Bantul

Satu tahun kemudian, Firli ditunjuk menjadi Direktur Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jawa Tengah. Pada 2012, dia kembali mendapatkan tugas penting, yakni sebagai ajudan Wakil Presiden RI yang saat itu dijabat oleh Boediono. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selanjutnya, pada 2014, Firli ditugaskan menjadi Wakapolda Banten. Karirnya di tubuh Korps Bhayangkara semakin bersinar. 

Pada 2016, dia berhasil pecah bintang dengan berpangkat jenderal bintang satu atau brigjen. Saat itu, ia menduduki jabatan sebagai Karodalops Sops Polri. Di tahun yang sama, Firli ditugaskan sebagai Wakapolda Jawa Tengah.

ADVERTISEMENTS

Satu tahun berselang, Firli mendapatkan promosi sebagai Kapolda NTB. Kemudian, pada 2018, dia ditugaskan di KPK dalam jabatan sebagai Deputi Penindakan.

ADVERTISEMENTS

Pada 2019, Firli ditarik kembali ke Polri lantaran mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Saat itu, dia juga sekaligus mendapatkan kenaikan pangkat menjadi inspektur jenderal (irjen) atau jenderal bintang dua.

Berita Lainnya:
Sekolah di Kalbar Diimbau Larang Perpisahan SMA/SMK Digelar Mewah

Memasuki masa pensiun, Firli dipindahkan ke Mabes Polri dengan jabatan sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) pada November 2019. Dalam jabatan barunya itu, dia resmi menyandang komisaris jenderal (komjen) atau jenderal bintang tiga di pundaknya.

Tak berselang lama, Firli terpilih hingga akhirnya dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua KPK pada Desember 2019. Dia menggantikan Agus Rahardjo yang saat itu mengundurkan diri.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi