Jumat, 17/05/2024 - 05:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Fiji Berharap Bisa Bekerja Sama Dengan Cina Dalam Pembangunan Pelabuhan

 WELLINGTON — Pemimpin Fiji Sitiveni Rabuka mengatakan setelah bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping, ia berharap dapat berkolaborasi dengan Cina untuk meningkatkan penggalangan kapal dan pelabuhan negaranya. Rabuka menyampaikan hal ini kepada para anggota parlemen di Parlemen.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Rabuka secara umum dipandang kurang condong ke arah Cina dibandingkan pendahulunya Frank Bainimarama. Dalam kunjungan ke Australia bulan lalu, Rabuka menekankan ia “lebih nyaman berurusan dengan teman-teman tradisional” seperti Australia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun dalam pidatonya pada Rabu (22/11/2023), Rabuka menyoroti hubungan ekonomi yang telah dijalin negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan ini dengan Cina selama lebih dari 50 tahun hubungan diplomatik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Rabuka mengatakan dalam pertemuannya dengan Xi di sela-sela konferensi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di San Francisco pekan lalu, ia membahas bagaimana bantuan Cina sangat penting bagi pemulihan ekonomi Fiji pasca-Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hamas Siap Damai, Israel Ngotot Lanjutkan Perang

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Rabuka mengatakan Inisiatif Belt and Road Initiative Cina selaras dengan agenda pembangunan Fiji. Ia juga mencatat dan Cina berkontribusi terhadap sejumlah hibah dan paket bantuan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Saat kami menghadapi tantangan ekonomi, diskusi sedang berlangsung untuk mengatasi krisis utang kami secara bertanggung jawab,” kata Rabuka, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ia mengatakan fokus utama dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Fiji adalah peningkatan infrastruktur secara menyeluruh, terutama fasilitas pelabuhan dan penggalangan kapal.

ADVERTISEMENTS

“Saya mengantisipasi potensi kolaborasi dengan Cina dalam upaya itu, mengingat pembuatan kapal Cina yang kompetitif secara global,” kata Rabuka.

ADVERTISEMENTS

Dalam konferensi pers harian Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Mao Ning mengatakan Cina dan Fiji adalah teman dan mitra yang baik, dan telah bekerja sama dalam bidang infrastruktur sebelumnya.

Berita Lainnya:
Hamas: Beberapa Sandera Tewas Akibat Pengeboman Israel

“Tujuannya adalah untuk mendukung negara-negara kepulauan dalam membuat kehidupan yang lebih baik bagi rakyatnya dan mencapai pembangunan dan kemakmuran,” kata Mao.

Langkah ini dilakukan ketika Cina ingin memperluas pengaruhnya di Pasifik. Tahun lalu, Cina gagal dalam upaya ambisius untuk membuat 10 negara kecil di Pasifik menandatangani kesepakatan yang mencakup segala hal, mulai dari keamanan hingga perikanan.

Upaya ini dilakukan segera setelah Kepulauan Solomon menandatangani pakta keamanan dengan Cina. Langkah yang menimbulkan kekhawatiran di seluruh Pasifik.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi