Jumat, 03/05/2024 - 22:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Kirim Pesawat Patroli Awasi Pergerakan AS di Selat Taiwan

ADVERTISEMENTS

Militer Cina mengatakan mereka mengirim jet tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat patroli Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang terbang di atas Selat Taiwan

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BEIJING — Militer Cina mengatakan mereka mengirim jet tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat patroli Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang terbang di atas Selat Taiwan. Hal ini dilakukan sebelum Taiwan mengadakan pemilihan umum.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Cina mengklaim kedaulatan atas Taiwan yang diperintah secara demokratis, dan mengatakan mereka memiliki yurisdiksi atas selat tersebut. Taiwan dan Amerika Serikat membantahnya, dan mengatakan Selat Taiwan merupakan jalur perairan internasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan pesawat patroli dan pengintai maritim P-8A Poseidon, yang juga digunakan untuk misi anti-kapal selam, terbang di atas selat tersebut di wilayah udara internasional.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pengeluaran Militer Global Catat Rekor Tertinggi pada 2023, Negara Ini Juaranya

“Transit pesawat di Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional,” kata Armada ke-7 AS dalam pernyataan, Rabu (6/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Militer Cina menggambarkan penerbangan tersebut sebagai “sensasi publik”, dan menambahkan pihaknya mengirim pesawat tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat AS. (Dan menanganinya sesuai dengan hukum dan peraturan,” kata militer Cina.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Pasukan di teater selalu dalam keadaan siaga tinggi dan akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas regional,” kata Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan dalam sebuah pernyataan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Meski diskors, Mahasiswa AS Pro Palestina Tetap Masuki Gedung Kampus

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan  pasukannya memantau pesawat AS saat terbang ke selatan melalui selat, dan menggambarkan situasi tersebut sebagai “normal”.

Terakhir kali Angkatan Laut AS mengumumkan Poseidon telah terbang melalui selat tersebut pada bulan Oktober. Saat itu Cina juga mengatakan mereka mengirim jet tempur untuk memantau dan memperingatkan pesawat tersebut.

Taiwan sedang bersiap-siap menggelar pemilihan presiden dan parlemen pada 13 Januari mendatang. Cina menganggap pemilihan ini memilih antara perang atau damai.

Dalam empat tahun terakhir Cina meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Taiwan. Termasuk menggelar dua latihan perang besar selama satu setengah tahun terakhir. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi