Selasa, 27/02/2024 - 20:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Gunung Ibu Luncurkan Abu Vulkanik Setinggi 1.200 Meter

ADVERTISEMENT

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekam letusan yang meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter di Gunung Ibu yang berlokasi di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

 JAKARTA—Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekam letusan yang meluncurkan abu vulkanik setinggi 1.200 meter di Gunung Ibu yang berlokasi di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Efrita Lusy Andriany Saragih mengatakan erupsi itu terjadi pukul 11.17 WIT, yang terekam melalui seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 90 detik. “Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara,” kata Efrita dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
26 Ribu Hektare Hutan di Malut Rusak Akibat Hilirisasi Nikel, Jumlah Penduduk Miskin Bertambah

Menurut PVMBG, tingkatan kebencanaan vulkanik Gunung Ibu saat ini masih berstatus level II atau siaga. 

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Masyarakat yang berada di sekitar gunung api tersebut agar tidak beraktivitas dalam radius 2,0 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Para Ilmuwan Mengungkap Heart-on-a-Chip Baru

Sejak 1 Januari sampai 7 Desember 2023, Gunung Ibu tercatat telah mengalami erupsi dengan jumlah letusan tercatat sebanyak 60 kali. 

Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut, terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi