Senin, 04/03/2024 - 09:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Persiapan Nataru, Kemenhub Perkuat Koordinasi Lintas Sektor

 JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus meningkatkan koordinasi kebijakan lintas sektoral menjelang penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 agar dapat terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

“Kami terus berkoordinasi secara intensif terkait kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan, dengan berbagai kementerian dan lembaga maupun stakeholder terkait,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Menhub menjelaskan, sejumlah kebijakan telah disiapkan, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur Natal dan Tahun Baru. Adapun di antaranya melakukan survei, penyiapan sarana dan prasarana transportasi, melakukan inspeksi (ramp check) untuk memastikan kelaikan sarana dan prasarana transportasi, serta menyiapkan antisipasi terjadinya cuaca ekstrem dan keadaan darurat.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Impor Beras Januari 2024 Naik, Paling Banyak dari Thailand

Selain itu, sejumlah kebijakan juga dikoordinasikan secara intensif, misalnya terkait manajemen rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun nontol, manajemen rest area, pembatasan angkutan barang, pengendalian pasar tumpah, pemanfaatan jembatan timbang sebagai rest area, serta sosialisasi keselamatan berkendara.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

Lebih lanjut Menhub menyebutkan telah menyiapkan program mudik gratis untuk mengantisipasi melonjaknya pengguna sepeda motor yang berpotensi meningkatkan angka kecelakaan di jalan raya. Adapun Kemenhub menyiapkan dua program mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.

ADVERTISEMENTS

Program pertama yaitu menyediakan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata ke 12 rute tujuan untuk mengangkut 3.600 penumpang, dan empat truk untuk mengangkut 120 unit sepeda motor.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Menkop Ajak Perempuan Pelaku UMKM Fokus pada Sektor Produksi Pangan
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Sedangkan program kedua yaitu menyediakan kereta api untuk mengangkut 696 motor untuk rute Jakarta Gudang–Semarang Tawang (PP).

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Budi menyampaikan, program ini memiliki keterbatasan kapasitas, oleh karenanya semua pihak, termasuk perusahaan-perusahaan swasta, BUMN, TNI, Polri, untuk mengadakan mudik gratis. Hal itu lantaran naik atau turunnya angka penggunaan kendaraan pribadi berbanding lurus dengan naik atau turunnya angka kecelakaan di jalan raya.

“Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan Tahun Baru bisa terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” kata Budi.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi