Selasa, 07/05/2024 - 08:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Situasi Kemanusiaan Gaza Hampir Runtuh

ADVERTISEMENTS

Warga Palestina yang melarikan diri dari serangan darat Israel tiba di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, (5/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JENEWA — Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) menyerukan gencatan senjata yang langgeng dan segera di Jalur Gaza. Desakan ini melihat situasi kemanusiaan di wilayah kantung Palestina itu hampir runtuh karena pertempuran sengit dan kurangnya akses.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Skala pengungsian di Gaza sangat besar, kondisi kemanusiaan sangat mengkhawatirkan dan berada di ambang kehancuran,” kata Kepala IOM Amy Pope dikutip dari Anadolu Agency

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Pope, gencatan senjata diperlukan segera untuk menyediakan makanan, air, dan kebutuhan penting lainnya yang cukup bagi warga Gaza. Pemenuham kebutuhan tersebut berguna dalam menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan warga sipil yang luar biasa. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Serangan Iran ke Israel Mengganggu Penerbangan Global

Pope Mengekspresikan keprihatinan serius IOM mengenai pengungsian massal warga sipil di Gaza dan laporan evakuasi lebih lanjut. “Masyarakat Gaza harus segera mendapatkan akses terhadap tempat berlindung yang aman, perawatan medis, makanan, fasilitas kebersihan dan sanitasi serta memastikan bahwa anggota keluarga tidak terpisah. Warga sipil dan pekerja bantuan kemanusiaan harus dilindungi,” katanya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Diperkirakan 1,9 juta orang terlantar di Gaza atau sekitar 85 persen dari total populasinya. Mereka kekurangan kebutuhan dasar seperti makanan, air, tempat tinggal yang bermartabat, dan fasilitas sanitasi, serta perawatan medis. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Desakan ini dikeluarkan sehari setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menggunakan Pasal 99 Piagam PBB. Dia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengajukan permohonan gencatan senjata kemanusiaan di wilayah kantong Palestina.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Konvoi Tentara Israel Mandi Rudal Disergap Hizbullah di Ruwaisat al-Alam, IDF Sensor Jumlah Korban

Sedangkan Komisaris Jenderal Agensi Pekerjaan dan Pemulihan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) Philippe Lazzarini mengatakan, serangan Israel yang telah menghantam 88 lokasi PBB di Gaza. Tindakan ini membunuh sedikitnya 250 orang Palestina dan melukai 900 lainnya, yang mengungsi di sana.

“Akibatnya, 600 ribu warga Palestina terpaksa mengungsi dari tempat penampungan di Gaza tengah dan selatan, tanpa tempat untuk pergi, karena tidak ada tempat yang aman, dan menekankan bahwa tidak ada yang namanya ‘zona aman’ jika secara harfiah dalam zona perang,” kata Lazzarini.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi