Minggu, 19/05/2024 - 16:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Spanyol Usir Dua Staf Kedutaan AS

Spanyol telah mengusir dua staf di kedutaan Amerika Serikat atas tuduhan menyuap petugas intelijen Spanyol dengan imbalan informasi rahasia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 MADRID — Spanyol telah mengusir dua staf di kedutaan Amerika Serikat atas tuduhan menyuap petugas intelijen Spanyol dengan imbalan informasi rahasia. Menteri Pertahanan Spanyol, Margarita Robles pada Kamis (7/12/2023) mengatakan, Spanyol telah mengajukan pengaduan ke Amerika, namun pengusiran tersebut tidak akan merusak hubungan diplomatik kedua negara.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Spanyol dan Amerika Serikat adalah teman, sekutu, dan mitra. Ketika ada permasalahan yang mungkin berdampak pada kami, maka permasalahan tersebut akan didiskusikan dan ditangani, namun hal tersebut sama sekali tidak memengaruhi hubungan yang kami jalin,” ujar Robles, dilaporkan Aljazirah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Surat kabar El Pais melaporkan, dua pekerja kedutaan yang tidak disebutkan namanya dipindahkan secara diam-diam atas permintaan Madrid. Langkah ini menyusul penyelidikan yang menyimpulkan bahwa mereka telah memperoleh informasi dari agen intelijen Spanyol dengan imbalan besar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Angkat Tema Pernikahan, Mahasiswi Indonesia Raih Penghargaan Film Dokumenter di China

Robles menegaskan, penyelidikan yudisial sedang menyelidiki perilaku tidak wajar di badan intelijen Spanyol, CNI. Isi materi yang dibagikan kepada kedua pekerja kedutaan tersebut tidak diketahui.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

El Pais melaporkan, seorang kepala daerah CNI dan asistennya ditangkap dua bulan lalu, namun pengadilan memerintahkan agar kasus mereka tetap dirahasiakan. Surat kabar itu menambahkan bahwa Duta Besar AS, Julissa Reynoso membantah mengetahui atau terlibat ketika dipanggil oleh pihak berwenang Spanyol.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Setidaknya dua agen AS yang ditempatkan di Kedutaan Besar AS di Madrid, yang terlibat langsung dalam perekrutan mata-mata CNI, diam-diam telah diusir dari Spanyol,” ujar laporan El Pais.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
UNICEF Ungkap Bahaya jika Perlintasan Gaza Ditutup

Upaya merekrut agen dari aparat intelijen suatu negara merupakan bentuk tipu muslihat yang lazim terjadi dalam hubungan antara kekuatan yang bermusuhan. El Pais menyebut insiden tersebut sebagai tindakan permusuhan terbuka yang tidak pantas dilakukan oleh sekutu.

ADVERTISEMENTS

Outlet Spanyol El Confidencial pertama kali melaporkan tentang penangkapan dua pekerja CNI pada Senin (4/12/2023). Penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan menolak berkomentar tentang penangkapan itu. Kedutaan Besar AS di Madrid dan Kementerian Luar Negeri Spanyol juga menolak berkomentar mengenai masalah ini. 

ADVERTISEMENTS

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi