Sabtu, 18/05/2024 - 14:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Otorita IKN Gandeng PUPR Demi Perbaiki Jalan Desa Wisata

Pengunjung berfoto saat wisata di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

PENAJAM PASER UTARA — Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan perbaikan jalan desa berpotensi wisata di Kalimantan Timur demi peningkatan perekonomian masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Perbaikan jalan desa berpotensi wisata akan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung karena akses menuju desa mulus,” kata Direktur Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita IKN Muhsin Palinrungi di Penajam, Sabtu (9/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Akses jalan yang baik dan mulus menuju objek wisata, menurutnya, juga akan berdampak pada sektor lain sehingga berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat Provinsi Kaltim.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Otorita IKN dan ACWA Power Kolaborasi Bangun Pembangkit Listrik Hijau

Muhsin mengatakan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kaltim harus menjadi perhatian utama lewat perbaikan jalan desa sehingga warga lokal tidak hanya menjadi penonton pertumbuhan ekonomi di kampung mereka. Sektor pariwisata, lanjutnya, akan menjadi dongkrak pendapatan asli daerah (PAD) di kabupaten dan kota di provinsi itu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dia mengatakan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor pariwisata Kaltim dilakukan pelatihan manajemen pengelolaan homestay dengan melibatkan lambaga pelatihan kerja. Homestay adalah rumah tinggal penduduk yang dijadikan penginapan untuk disewakan kepada pengunjung. Dengan penyewaan itu, warga bisa mendapatkan penghasilan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pupuk Kaltim Dorong Pemulihan Lahan Eks Tambang di Kawasan IKN

Selain koordinasi perbaikan jalan dan pelatihan SDM untuk desa wisata, Otorita IKN juga mendukung pelaku sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) demi peningkatan perekonomian. Kegiatan dukungan terhadap pelaku UMKM itu, lanjut Muhsin, yaitu pelatihan pengemasan produk UMKM lokal agar dapat dipasarkan ke luar daerah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kemasan produk yang menarik pembeli menjadi faktor penting sebagai promosi. Kemasan itu harus menarik perhatian ketika ditawarkan ke luar daerah,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi