Rabu, 01/05/2024 - 06:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Erdogan: Penarikan Dukungan AS ke Israel akan Percepat Gencatan Senjata Gaza

ADVERTISEMENTS

Siswa sekolah dasar memegang posteruntuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap rakyat Palestina di Gaza, di Beirut, Lebanon, Kamis, (14/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

ANKARA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Amerika Serikat (AS) memiliki tanggung jawab bersejarah untuk memastikan gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Erdogan memperingatkan bahwa konflik di Jalur Gaza dapat menimbulkan konsekuensi negatif, tak hanya secara regional, tapi juga global.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Presiden Erdogan menyatakan bahwa intensifikasi dan perpanjangan serangan Israel dapat menimbulkan konsekuensi negatif regional dan global. Penarikan dukungan tanpa syarat AS kepada Israel dapat menjamin gencatan senjata yang cepat,” kata Kantor Kepresidenan Turki dalam sebuah pernyataan, Kamis (14/12/2023), dikutip laman Al Arabiya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Khamenei Kecam Israel dan Barat di Khotbah Sholat Id
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Keterangan tersebut dirilis setelah Erdogan melakukan percakapan via telepon dengan Presiden AS Joe Biden. Itu merupakan perbincangan telepon perdana yang mereka lakukan sejak pecahnya pertempuran di Gaza pada 7 Oktober 2023. Pada kesempatan itu, Erdogan pun mengingatkan Biden bahwa AS mempunyai tanggung jawab untuk memastikan gencatan senjata tercapai di Gaza.

ADVERTISEMENTS

“AS memiliki tanggung jawab bersejarah untuk memastikan gencatan senjata permanen di wilayah tersebut sesegera mungkin,” ujar Erdogan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara itu, dalam keterangan yang dirilis Gedung Putih, disebutkan bahwa dalam percakapan telepon dengan Erdogan, Biden kembali menegaskan dukungannya terhadap hak Israel untuk membela diri.

Berita Lainnya:
Jerman Berencana Kembali Menyalurkan Dana ke UNRWA

“Para pemimpin juga membahas upaya untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan melindungi warga sipil serta perlunya cakrawala politik bagi rakyat Palestina,” kata Gedung Putih.

Pada 8 Desember 2023 lalu, Dewan Keamanan PBB gagal mengadopsi rancangan resolusi yang menuntut penerapan gencatan senjata segera di Gaza. Hal itu karena adanya veto dari AS. Dari 15 negara anggota Dewan Keamanan, sebanyak 13 negara mendukung resolusi yang diajukan UEA tersebut. Sementara AS memilih menentang dan Inggris abstain.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi