Senin, 17/06/2024 - 13:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

PDAM Solo Sempat Berhenti Operasi Usai Bengawan Solo Tercemar Limbah Alkohol

Warga menggunakan perahu melintasi Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah alkohol dan tekstil di dekat Instalasi Pengolahan Air (IPA) Stasiun Jurug Solo, Jawa Tengah, Ahad (17/12/2023). Pencemaran limbah industri terhadap air baku dari Sungai Bengawan Solo tersebut mengakibatkan terganggunya operasional produksi air minum oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Toya Wening Surakarta sehingga tidak memenuhi baku mutu persyaratan kualitas air minum.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

SOLO – PDAM Toya Wening Solo selama satu pekan terakhir sudah tiga kali menghentikan operasional instalasi pengolah air (IPA). Penyebabnya karena kualitas air di Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah alkohol dan tekstil.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Air berwarna hitam sejak dari tempuran Kali Samin dan Sungai Bengawan Solo. Kami mencurigai limbah berwarna hitam dan berbau seperti alkohol itu dari limbah usaha etanol di Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Bekonang,” kata perwakilan Humas PDAM Toya Wening Bayu Tunggul, Senin (18/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kejagung Periksa 9 Pejabat PT Antam Terkait Korupsi Cap Emas Ilegal 109 Ton

Menurutnya pencemaran tampak lantaran sudah beberapa pekan ini juga tidak terjadi hujan sehingga aliran air di Sungai Bengawan Solo tidak terlalu deras.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Jadi limbah dibuang pagi gitu lewat Kali Samin masuk ke Sungai Bengawan Solo. Biasanya volumenya tidak banyak, sehingga kami tidak terganggu, tapi di minggu ini sudah tiga kali airnya hitam pekat banget,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Kendati demikian, PDAM telah kembali mengoperasikan usai sempat terhenti akibat limbah yang ada di Sungai Bengawan Solo. Meski distribusi air ke pelanggan menunggu reservoir berada di posisi level maksimum.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Ia mengatakan jika biasanya masih ada stok air di reservoir untuk kebutuhan 4-5 jam, kali ini tidak ada persediaan sehingga PDAM tidak dapat mendistribusikan air ke pelanggan. “Baru saja beroperasi lagi, tapi belum terdistribusi,” kata perwakilan Humas PDAM Toya Wening Bayu Tunggul di Solo, Jawa Tengah, Ahad (17/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Cerita Linda, Sebelum Dibunuh Vina Sempat Curhat ke Bunda XTC, "Gak seperti yang di film"

Sejumlah IPA yang berhenti beroperasi mulai dari IPA Jurug, IPA Jebres, dan IPA Semanggi. Hal tersebut lantaran jika dilihat dari parameter air baku air yang berbau alkohol tidak dapat diolah menjadi air bersih

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

“IPA Semanggi sempat terhenti juga tapi limit di reservoir masih ada. Sehingga beberapa kali sementara kami hentikan operasional. Kali ini tampungan reservoir kita limit, kami kehabisan distribusi ke pelanggan,” katanya mengakhiri

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا الكهف [45] Listen
And present to them the example of the life of this world, [its being] like rain which We send down from the sky, and the vegetation of the earth mingles with it and [then] it becomes dry remnants, scattered by the winds. And Allah is ever, over all things, Perfect in Ability. Al-Kahf ( The Cave ) [45] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi