Kamis, 09/05/2024 - 01:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kunci Eksistensi dan Pelayanan Prima Menuju Tiga Abad Pos Indonesia

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Inovasi menjadi kata kunci untuk berkembang di tengah di tengah berbagai disrupsi. Sumber daya manusia yang ada harus belajar dan melakukan riset. Kemudian menghasilkan hal baru yang membentuk gaya hidup baru yang menunjang rantai pasokan komoditas dalam sebuah ekosistem. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Begitulah hukum alam terkait keberlangsungan dan perkembangan bisnis. Berusia jelang tiga abad, atau tepatnya diusia 277 tahun, PT Pos Indonesia (Persero) terus berinovasi dan bertransformasi dalam upaya meningkatkan kualitas di semua lini  dan berselaras dengan laju digitalisasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tentu tak mudah untuk dapat terus bertahan di tengah derasnya perubahan global khususnya bidang teknologi digital. Lebih dari itu, Pos Indonesia terus berupaya menjadi lokomotif atau leader khususnya di bidang logistik. Pada perjalanannya, Pos Indonesia berhasil membuktikan diri sebagai BUMN tertua yang mampu tetap eksis dengan mempertahankan layanan prima.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pos Indonesia Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman mengungkapkan kunci eksistensi Pos Indonesia dengan berbagai terobosan inovasinya terletak pada inovasi dan harmonisasi antara kualitas pelayanan dengan ketepatan teknologi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Inovasi di bidang bisnis tidak akan berjalan baik dan menghasilkan sesuatu yang diinginkan jika tidak diikuti dengan sisi kualitas service dan ketepatan teknologi. Yang harus terus dilakukan adalah mencari cara-cara inovatif bagaimana service quality Pos semakin baik, semakin disenangi oleh konsumen. Dengan  begitu, Pos semakin dianggap keberadaannya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Bandara Soekarno-Hatta Masuk Bandara Terbaik Dunia, Ini Inovasinya

“Mungkin selama ini ada persepsi bahwa Pos itu kuno, Pos hanya mengirim surat saja. Sekarang dengan adanya perubahan itu kita sudah menggunakan robotik, ini adalah bagian proses panjang yang dilakukan Pos Indonesia sehingga bisa kembali sebagai leading company di bidang logistik,” jelas Endy.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Aspek lain yang tak kalah penting untuk menunjang eksistensi perusahaan dan menghadapi tantangan ke depan ialah pentingnya menerapkan manajemen risiko dan tata kelola. Sebagai direktur keuangan dan manajemen risiko, Endy mengaku fokus dengan domain hal yang menjadi tanggung jawabnya, yaitu mengelola sisi keuangan dan sisi manajemen risiko.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Aspek tata kelola dalam kelangsungan hidup sebuah perusahaan juga harus dikembangkan. Dengan menyediakan aspek tata kelola ini, divisi keuangan dan managemen risiko akan mendukung kegiatan divisi-divisi lain dari sisi financing dan kebutuhan keuangan.

“Tata kelola itu menurut saya tidak perlu ditakuti. Sebetulnya kita hanya mengelola risiko, sehingga dalam sebuah perusahaan semua komponen karyawan di perusahaan itu harus paham risiko dari setiap tindakan yang kita lakukan, dan apa yang akan kita lakukan untuk memitigasi risiko. Manajemen risiko tidak boleh dianggap sebagai ancaman untuk memperlambat proses bisnis. Justru manajemen risiko adalah sebuah proses untuk memastikan bisnis berjalan dengan baik dan bisa sustainable. Nah karena keberadaan perusahaan itu kan harus sustainability, kuncinya kan di situ. Jadi kita harus on-going, kita ada di sini kan, (dengan keberadaan) Pos Indonesia sudah ada 277 tahun,” tutur Endy.

Berita Lainnya:
Pemprov DKI Gencarkan Pembatasan Kendaraan untuk Cegah Polusi

Manajemen risiko, menurut Endy, semestinya memang jadi perhatian yang sangat serius baik perusahaan swasta ataupun BUMN.

“Kita agak beruntung sebetulnya, karena risk management atau manajemen risiko itu menjadi hal yang strategis di level kementerian BUMN. Nah sehingga drive-nya buat saya jadi membantu sekali, karena ada drive dari pusat gitu ya, untuk memastikan bahwa aspek-aspek manajemen risiko menjadi perhatian utama dan bagian dari strategi besar BUMN. Nah sehingga ya mungkin pada taraf awalnya agak challenging gitu ya. Membiasakan orang-orang untuk terbiasa memikirkan risiko, terbiasa mencari mitigasinya,” kata Endy.

Strategi yang dilakukan Pos Indonesia tersebut dinilai berhasil. Terbukti pada tahun 2022, obligasi yang ditawarkan Pos Indonesia diminati masyarakat. Hal ini menjadi bukti Pos Indonesia tetap bernilai baik dan mendapat tempat di hati masyarakat. Reaksi pasar, menurut Endy, seharusnya Pos Indonesia sudah masuk ke pasar obligasi ini 10 tahun yang lalu.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi