Sabtu, 04/05/2024 - 01:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Sejumlah Wilayah Jabar, Ini Analisa Cuaca BMKG

ADVERTISEMENTS

Pengendara melintasi genangan banjir di Jawa Barat (ilustrasi). BMKG menjelaskan mengenai bencana hidrometeorologi yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Bencana hidrometeorologi (banjir dan longsor) terjadi di beberapa lokasi di wilayah Jawa Barat pada 25 Desember 2023. Kejadian bencana tersebut turut dipicu oleh hujan intensitas lebat hingga ekstrem dalam satuan per jam, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Curah hujan terukur hingga 28.8 mm/jam pada periode pukul 15.40-16.40 WIB di Stasiun Geofisika Bandung, curah hujan 70 mm/jam pada pukul 15.30-16.30 di Cimahi, dan terukur 56.8 mm/jam pada pukul 14.00-15.00 di Purwakarta,” demikian dikutip dari siaran pers BMKG, Selasa (26/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, berdasarkan analisis dinamika atmosfer tanggal 25 Desember 2023, terdapat beberapa fenomena yang mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat. Hal itu yakni suhu muka laut relatif hangat di sekitar perairan Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Apa yang Terjadi dalam Gelombang Serangan Iran dan Mengapa Drone Mereka Ditakuti?

“Sehingga meningkatkan potensi suplai uap air ke wilayah Indonesia termasuk wilayah perairan utara Jawa Barat. Kelembapan udara pada lapisan 850-700 mb wilayah Jawa Barat relatif lembap yaitu 70-90 persen,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Terdapat daerah pertemuan dan belokan angin yang melewati wilayah Jawa Barat, labilitas atmosfer pada skala lokal secara umum berada pada kondisi labil sedang hingga kuat. Dari interpretasi citra radar dan citra satelit di wilayah terdampak yakni wilayah Bandung Raya dan Kabupaten Purwakarta, terdapat pertumbuhan awan konvektif dengan jenis awan Cumulonimbus. Berikut bencana hidrometeorologi yang terjadi di sejumlah wilayah di Jabar:

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Hujan Lebat

1. Banjir terjadi di wilayah Kelurahan Citereup, Kecamatan Dayeuhkolot dan Kampung Blokhawu, Cigondewah Hilir, Kecamatan Margaasih, Kota Bandung pada pukul 13.00 WIB.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

2. Banjir terjadi di Kota Cimahi akibat luapan sungai Ciputri di kawasan pertigaan Cigugur Tengah-Cimindi, Jalan Mahar Martanegara sekitar siang hari

3. Tanah longsor terjadi pada pukul 13.10 WIB di Desa Salammulya Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta, kondisi tersebut berdampak kerusakan satu rumah warga akibat tertimpa material longsor.

4. Telah terjadi pohon karet tumbang di Jalan Lengkong Besar, dan di Kelurahan Balonggede, serta tiang PJU di Jalan Peta roboh dan menimpa sebuah mobil sedan di Kota Bandung. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi