Senin, 06/05/2024 - 10:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Perubahan Cuaca, Harga Bawang Hingga Cabai Naik di Awal 2024

ADVERTISEMENTS

YOGYAKARTA — Sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan di awal 2024 ini, seperti bawang merah, bawang putih, hingga cabai merah. Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Yogyakarta menyebut kenaikan ini terjadi akibat menurunnya hasil panen menyusul perubahan cuaca yang terjadi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pasalnya, belakangan ini berpotensi terjadinya cuaca ekstrem dan BMKG memperkirakan cuaca ekstrem masih akan berlanjut hingga beberapa pekan kedepan. Cuaca ekstrem ini berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, dimana disertai dengan kilat/petir dan angin kencang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Harga bahan pokok belakangan ini semakin naik, terutama pada komoditi bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar di Kota Yogyakarta. Penyebab kenaikan cabai ini diperkirakan akibat hasil panen yang menurun akibat perubahan cuaca,” kata Kepala Bidang Ketersediaan, Pengawas, dan Pengendalian Perdagangan Disdag Kota Yogyakarta, Sri Riswanti belum lama ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Disampaikan Riswanti bahwa pihaknya terus memastikan agar harga bahan pokok sejak Tahun Baru 2024 tetap stabil. Meski ada kenaikan di beberapa komoditas bahan pokok, namun dikatakan kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Projo Benarkan Jokowi akan Gabung ke Parpol Lain Setelah Tak Dianggap PDIP

Dijelaskan untuk harga bawang merah sedikit mengalami kenaikan yakni di harga yang bervariasi mulai dari Rp 30 ribu per kilogram hingga Rp 38 ribu per kilogram. Selain bawang merah, bawang putih juga mengalami sedikit kenaikan di harga Rp 40 ribu per kilogram.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sedangkan, harga komoditas cabai merah besar juga mengalami kenaikan di harga Rp 50 ribu per kilogram. Menurut Riswanti, harga cabai besar naik dikarenakan adanya permintaan/kebutuhan yang meningkat seperti digunakan untuk kebutuhan hajatan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Selain memang hasil produksinya banyak, harga naik dikarenakan oleh kebutuhan yang meningkat,” ucap Riswanti. Meski begitu, dikatakan bahwa harga di pasaran tidak menjadi kekhawatiran konsumen dalam membeli bahan pokok.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hal ini mengingat Perubahan Cuaca, Harga Bawang Hingga Cabai Naik di Awal 2024“Kalau dari mulai sebelum hari raya Natal, Tahun Baru hingga hari ini, bahan pokok tidak ada fluktuasi harganya. Harga masih stabil, walaupun ada beberapa yang mengalami kenaikan,” jelasnya.

Berita Lainnya:
PMPP TNI Rampungkan Persiapan, Kontingen Garuda Siap Dikirim ke Kongo

Riswanti menjelaskan, komoditas yang mengalami penurunan harga mulai dari cabai rawit merah yang sebelumnya mencapai Rp 70 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Tak hanya itu, untuk komoditas ayam juga mengalami penurunan harga dari Rp 34 ribu per kilogram menjadi Rp 31 ribu per kilogram.

“Riswanti juga menyebut bahwa di pekan pertama Januari 2024 ini untuk ketersedian bahan pokok mencukupi dan tidak ada hal mengkhawatirkan. Untuk pasokan ketersediaan melimpah, bahkan dikatakan untuk harga masih stabil meski ada beberapa yang mengalami sedikit kenaikan.

“Sehingga harapannya masyarakat tidak perlu khawatir dengan kenaikan beberapa komoditas harga bahan pokok ini,” kata Riswanti.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi