Kamis, 02/05/2024 - 23:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Perubahan Tarif Pajak Hiburan, Begini Tanggapan Sutradara Garin Nugroho

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Sutradara, produser, dan penulis skenario Garin Nugroho menanggapi keputusan pemerintah yang menetapkan perubahan tarif pajak hiburan. Ada kenaikan tarif Pajak Barang Jasa Tertentu (PBJT) untuk beberapa kegiatan jasa kesenian dan hiburan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurut Garin, pajak sebaiknya diperlakukan sebagai strategi pemberdayaan warga dan pembangunan. Pajak disebutnya bukan sekadar mengambil uang dari rakyat karena pendapatan negara dan industri sedang melemah, sehingga justru beralih membebani rakyat. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Padahal, kita sibuk jargon investasi. Pajak hiburan yang tinggi adalah memberi beban tanpa strategi ekonomi yang cerdas. Mengingat hiburan mengandung berbagai aspek: tenaga kerja, pendapatan warga, turisme dan pariwisata, serta daya hidup relaksisasi warga di tengah berbagai tekanan sosial,” kata Garin saat dihubungi Rabu (17/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pria 62 tahun kelahiran Yogyakarta itu berharap pemerintah Indonesia tidak seperti VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie/Persatuan Perusahaan Hindia Timur. VOC yang merupakan korporasi terbesar awal abad-19 disebut Garin sangat semena-mena.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Cegah Investasi Mandek, Hipmi Dorong Rekonsiliasi Elite Politik

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

VOC memungkinkan para raja mengelola dan mengambil kekayaan alam, sedangkan warga hanya menjadi buruh dengan upah kecil. Pajak di mana-mana diberlakukan untuk kepentingan korporasi dan kekuasaan, bukan demi warga.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, raja atau penguasa justru dicitrakan sebagai ratu adil. “Saya mengkritik kebijakan pajak secara menyeluruh untuk mempunyai strategi pertumbuhan,” ungkap sutradara terbaik di ajang Piala Citra 2019 yang mengarahkan film Kucumbu Tubuh Indahku itu.

Sementara, Kementerian Keuangan telah menginformasikan bahwa kenaikan tarif PBJT hanya berlaku untuk jasa kesenian dan hiburan tertentu. Jasa hiburan diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi uap/spa mengalami kenaikan PBJT, dengan batas bawah 40 persen dan batas atas 75 persen.

Berita Lainnya:
Jisoo Blackpink Punya Rencana Besar Kembangkan Label Solonya, Apa Saja?

Selain jenis jasa hiburan itu, ada jenis kesenian dan hiburan lain yang dikategorikan dalam aturan, seperti tontonan film, serta bentuk tontonan audio visual yang dipertontonkan secara langsung di suatu lokasi. Begitu juga pergelaran kesenian, musik, tari, dan/atau busana, kontes kecantikan, dan kontes binaraga.

Terdapat pula pameran, pertunjukan sirkus, pacuan kuda, rekreasi wahana air, wahana ekologi, wahana pendidikan, wahana budaya, agrowisata, kebun binatang, dan masih banyak lagi. Semua itu justru mengalami penurunan tarif PBJT, yang semula pajaknya paling tinggi 35 persen menjadi paling tinggi 10 persen. Pemerintah juga memberikan pengecualian terkait jasa kesenian dan hiburan untuk promosi budaya tradisional, yang tidak dipungut bayaran.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi