Kamis, 02/05/2024 - 06:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Grup K-Pop NewJeans Promosikan Coca Cola, Dikecam: Stop Promosikan Produk Dukung Genosida

ADVERTISEMENTS

Grup K-pop NewJeans mempromosikan produk Coca Cola. Iklan ini dikecam habis-habisan karena produk tersebut diduga pro Israel.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Unggahan terbaru grup K-pop NewJeans bersama produk minuman soda Coca-Cola memunculkan gelombang reaksi kritik besar-besaran di tengah ketegangan terkait konflik Israel-Palestina. Dalam serangkaian foto di media sosial, kelima anggota menampilkan diri dengan kaleng Coca-Cola, sehingga memicu kemarahan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dilansir Koreaboo pada Kamis (25/1/2024), penggemar menilai kolaborasi itu sebagai dukungan tidak tepat terhadap perusahaan yang terlibat dalam wilayah kontroversial tersebut. “Maaf, kami mencintai kalian tapi kami memboikot Coca Cola,” kata akun @zulfadinh*** di kolom komentar Instagram NewJeans.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ada juga akun @meylinam*** menuliskan, “Setop promosikan produk yang mendukung genosida”. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Romantika Memasuki Quarter Life Crisis di Lagu "Friends"

Cukup banyak juga yang mengecam agensi NewJeans, Hybe. Salah satunya akun @fatiha.24* yang mengatakan, “Hybe, kalian tidak akan bankrut hanya karena tidak menggunakan artis kalian untuk mempromosikan produk kontroversial”. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Meski begitu ada juga yang mencoba membele NewJeans. “Tolong semuanya, hormati. NewJeans punya kontrak untuk dipatuhi. Sayangnya tidak ada yang bisa mereka lakukan sampai kontrak selesai dan diharapkan agensi tidak memperbaharui itu,” ujar akun @trovatoleste***.

Kontroversi ini muncul karena tautan Coca-Cola dengan konflik Israel dan Palestina, dengan para penggemar mengekspresikan kekecewaan atas dugaan praktik ilegal Israel dan dugaan praktik apartheid di Palestina. Friends of Al-Aqsa (FOA), sebuah LSM berbasis di Inggris yang mengadvokasi hak-hak warga Palestina, telah berbicara mengenai situasi Coca-Cola. FOA mengeklaim bahwa merek tersebut memiliki pabrik di permukiman ilegal Israel yang didirikan di wilayah Palestina yang disengketakan. Permukiman semacam itu, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional, sering kali mengakibatkan komunitas Palestina mengungsi.

Berita Lainnya:
Meski Hiatus, Anggota BTS Tetap Cuan Karena Ini

Hubungan antara NewJeans dan Coca-Cola bukan hal baru. Ini dimulai pada Maret tahun lalu, ketika mereka diumumkan sebagai wajah Coca-Cola Zero. Grup ini terlibat dalam beberapa kampanye promosi, bahkan merilis video musik untuk memperkuat inisiatif merek “ZERO”.

Kampanye Boycott The Big 4 menggalang dukungan untuk menolak kerja sama antara grup K-pop besar dan perusahaan yang dianggap mendukung atau mengambil keuntungan dari konflik tersebut. Karena itu, ada banyak yang menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap keterlibatan NewJeans dengan Coca-Cola di tengah situasi yang terus memanas.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi