Jumat, 03/05/2024 - 03:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Konten Korea Jadi yang Terpopuler di Layanan Streaming pada 2023

ADVERTISEMENTS

Seseorang menonton di platform streaming film (ilustras). Konten dari Korea Selatan menjadi yang terpopuler pada 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Sebuah survei yang dilakukan Jakpat tentang penggunaan platform over-the-top (OTT) streaming film dan media sosial menunjukkan konten dari Korea Selatan menjadi yang terpopuler pada paruh kedua 2023. Kepala Penelitian Jakpat Aska Primardi mengatakan akses platform hiburan mobile menjadi aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari dan menurut dia diperlukan inovasi baru agar pengguna sebuah OTT tidak meninggalkan platform tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Survei yang melibatkan 2.356 pengguna mobile entertainment dan 2.446 pengguna media sosial itu menunjukkan 85 persen responden menggunakan OTT untuk menonton film, 77 persen untuk menonton serial, dan 27 persen untuk menonton reality atau variety show. Berdasarkan negara asal, konten terbanyak ditonton dari Korea Selatan (73 persen), disusul Indonesia (57 persen), dan negara berbasis bahasa Inggris, yaitu Amerika dan Inggris (48 persen).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Kulineran di Mie Gacoan, Siapa Pemilik Gerai Makanan Viral Ini?
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain OTT, hiburan lainnya adalah streaming musik dan siniar (podcast). Data Jakpat menunjukkan bahwa 83 persen responden streaming musik saat sedang bersantai.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Secara umum, pop merupakan genre musik yang didengarkan oleh mayoritas pendengar streaming dengan persentase 83 persen. Posisi kedua dan ketiga yakni K-pop (47 persen) dan dangdut (37 persen).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Berdasarkan negara asal, musik dari Indonesia masih mendominasi daftar putar (85 persen), disusul Amerika dan Inggris (71 persen), serta Korea Selatan (44 persen). Soal podcast, komedi (47 persen) dan edukasi (43 persen) menjadi topik yang paling disenangi para pendengar, terutama Gen Z dan Milenial. Sementara, Gen X cenderung lebih tertarik dengan isu politik atau berita terbaru.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lima Film dengan Adegan Kejar-kejaran Terbaik Sepanjang Masa

Survei juga menyoroti biaya berlangganan aplikasi untuk dapat menikmati konten platform OTT. Sebanyak 39 persen responden mengaku tidak keberatan membayar biaya langganan agar terbebas dari iklan yang mengganggu.

Animo untuk berlangganan platform streaming audio demi tidak ada iklan cukup besar di kalangan Gen Z dengan persentase 47 persen. Selain itu, ada 57 persen responden yang mengaku mengakses platform streaming audio secara gratis.

Hiburan lain yang tak kalah populer adalah media sosial. Instagram menjadi media sosial paling digandrungi dengan total 78 persen responden menggunakannya, disusul YouTube (76 persen) dan Facebook (64 persen). Soal topik, sebanyak 46 persen pengguna mengaku senang mencari informasi terkait musik/film/serial di sosial media. Konten kuliner (43 persen) dan memasak (39 persen) juga disukai oleh para warganet.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi