Selasa, 04/06/2024 - 00:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Siswa MTs Pacitan Meninggal Diracun Sianida, Ini 3 Tokoh Muslim Yang Wafat Akibat Diracun

JAKARTA— Kasus kematian seseorang karena racun sianida kembali terjadi setelah sebelumnya pernah heboh kasus kematian Wayan Mirna Salihin pada 2016 lalu setelah meminum es kopi Vietnam yang diberi racun sianida. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kali ini kasus serupa terjadi yakni di Desa Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur. Korban, MR, siswa Madrasah Tsnawiyah (MTs) meninggal setelah meminum kopi buatan ayahnya yang telah ditaruh racun sianida oleh tersangka Ayu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam sejarah manusia, racun memang kerap digunakan sebagai salah satu alat membunuh seseorang. Beberapa tokoh Islam juga ada yang meninggal karena diracun. Berikut beberapa tokoh Islam yang meninggal karena racun, berikut di antara yang dirangkum Republika.co.id:

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

1. Hasan bin Ali

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Hasan adalah putra dari Ali bin Abi Thalib yang merupakan sepupu sekaligus menantu Rasulullah SAW. Oleh karena itu, Hasan merupakan cucu Rasulullah SAW . Dia wafat karena diracun oleh istrinya sendiri Ja’sudah binti Asyats bin Qais. Istrinya memasang racun pada makananya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Wafatnya Hasan membuat hati umat Islam tergoncang. Pasalnya, di masa kepemimpinannya menggantikan ayanya, perdamaian tercipta setelah dia berdamai dengan Muawiyah. Hasan menggantikan Ali bin Abi Thalib pada 7 hari terakhir Ramadhan tahun 40 Hijriyah .

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Menjual Barang Bisa Jadi Tidak Halal, Kok Bisa?

Orang-orang bersedih dengan kepergiannya. Hasan yang wafat pada usia 47 tahun di pemakaman Baqi’, Madinah. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Al-Waqidi meriwayatkan dari Tsa’labah bin Abu Malik berkata, “Pada hari Hasan meninggal dan dikuburkan di Baqi’, aku menyaksikannya. Karena sesaknya Baqi’, jika dijatuhkan jarum pasti akan mengenai kepala orang.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Dan rupanya Hasan mengakui bahwa sering diberikan minuman beracun sebagaimana disampaikan Umar bin Ishaq. Namun Hasan enggan membalasnya ketika Husain menawarkan untuk membunuh orang yang selalu memberi racun ke dalam minumannya.

2. Bisyr bin Bara’ bin Ma’rur

Bisyr wafat karena memakan kambing panggang yang telah ditaburi racun oleh wanita Yahudi, Zainab binti Al-Harits. Pada waktu itu kambing tersebut sengaja dihidangkan untuk meracuni Rasulullah SAW. Namun Rasulullah SAW tidak tidak menelannya.

Bisyr yang menemani Rasulullah SAW harus wafat karena ikut memakannya. Peristiwa tersebut terjadi setelah Perang Khaibar.

Mengenai ampunan dan matinya Zainab ada perbedaan riwayat. Dan pendapat yang kuat mengatakan bahwa awalnya Rasulullah mengampuni Zainab. Tetapi ketika tahu Bisyr meninggal, Rasulullah menghukum mati Zainab dengan cara qishas.

Berita Lainnya:
Inilah Esensi Kurban, Ibadah Khas Idul Adha

Bisyr merupakan tokoh Yatsrib yang berasal dari suku Khazraj. Ia memeluk Islam sebelum Nabi Hijrah ke Madinah. Dia yang mewariskan sepertiga hartanya kepada Rasulullah SAW.

3. Yasir Arafat

Arafat merupakan tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina selama hampir empat dekade. Ia wafat pada 11 November 2004 setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Namun penyebab kematiannya penuh tanda tanya. Ia awalnya dikabarkan wafat karena penyakit misterius.

Dan penyebab kematiannya kemudian hari terungkap karena racun zat kimia jenis polonium berdasarkan laporan terbarunya. Israel disebut-sebut dalang dari wafatnya Arafat.

Arafat salah satu tokoh Muslim berpengaruh di dunia. Namanya mencuat saat menjadi pimpinan tertinggi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada 1969. 

Arafat juga meraih nobel Perdamaian setahun setelah perjanjian damai 1993 dengan pemimpin Israel, Yitzhak Robin dan Shimon Perez. Arafat menjabat Presiden Otoritas Palestina sejak 1996 hingga 2006.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi