Jumat, 17/05/2024 - 05:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Seleb TikTok Populerkan Tren Nyeker, Benarkah Menyehatkan?

Berjalan tanpa alas kaki alias nyeker (barefoot) memiliki sejunlah manfaat dan risiko bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Beraktivitas tanpa alas kaki atau nyeker kini menjadi tren yang hangat diperbincangkan di TikTok. Sejumlah kreator dan seleb TikTok mengklaim bahwa praktik ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Tren nyeker sebenarnya sudah cukup lama populer di kalangan selebriti. Aktor Jacob Elordi, musisi Mike Sabath, hingga vokalis Coldplay Chris Martin pernah melakukan tren ini pada 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Kini, tren berjalan tanpa alas kaki kembali mencuat setelah sejumlah kreator di TikTok kembali mempopulerkannya. Mereka yang mempopulerkan tren nyeker adalah George Woodville atau The Barefoot Guy serta influencer Christi Fritz dan suaminya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Fritz dan suaminya bahkan sempat membuat konten yang memperlihatkan diri mereka sedang memotong bagian alas kaki pada beragam sepatu mahal mereka. Dengan begitu, mereka bisa berjalan tanpa alas kaki namun terlihat seperti mengenakan sepatu. Padahal, seluruh sepatu yang dipotong alasnya oleh Fritz dan suaminya ini memiliki nilai lebih dari 20.000 dolar AS atau sekitar Rp 314,6 juta.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Resep Simpel Antistres Wartawan Senior Ini Layak Anda Coba

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Beberapa tempat usaha tidak menginginkan kami benar-benar bertelanjang kaki, jadi kami membuang bagian bawah sepatu kami untuk memungkinkan kami tetap nyeker namun terlihat sama seperti orang lain,” jelas Fritz, seperti dilansir Metro pada Sabtu (3/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut fisioterapis senior dari Nuffield Health, Alex Huntly, berjalan dengan bertelanjang kaki sebenarnya bisa membawa manfaat. Akan tetapi, manfaat ini hanya bisa didapatkan bila aktivitas berjalan dengan telanjang kaki dilakukan di permukaan yang aman.

ADVERTISEMENTS

Beberapa manfaat dari bertelanjang kaki adalah meningkatkan aliran darah ke area kaki. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membantu menunjang tulang dan otot.

ADVERTISEMENTS

Akan tetapi, bertelanjang kaki juga memiliki sejumlah risiko. Sebagian dari risiko tersebut adalah kaki tergores sesuatu dan menjadi luka dan bakteri bisa lebih mudah masuk ke dalam kulit kaki serta kuku. Infeksi jamur juga lebih mungkin terjadi pada orang yang terbiasa bertelanjang kaki.

Berita Lainnya:
Mitoni, Wujud Kearifan Lokal untuk Perangi Stunting

Tak hanya itu, bertelanjang kaki bisa membuat kulit kaki menjadi pecah-pecah dan berubah warna. Selain itu, bertelanjang kaki juga akan membuat kaki mengeluarkan aroma tak sedap.

Manfaat nyeker menurut ahki ada di halaman selanjutnya….

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi