Kamis, 02/05/2024 - 14:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Indahnya Bersyukur, Sudah Dapat Kenikmatan Lalu Ditambah Lagi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Syukur adalah faktor untuk meningkatkan rezeki dan keberkahan dalam hidup. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT:

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim ayat 7)

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bersyukur kepada Allah juga merupakan salah satu cara untuk menangkal malapetaka, keburukan maupun musibah. Allah SWT berfirman:

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

مَا يَفْعَلُ اللّٰهُ بِعَذَابِكُمْ اِنْ شَكَرْتُمْ وَاٰمَنْتُمْۗ وَكَانَ اللّٰهُ شَاكِرًا عَلِيْمًا ۔

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Allah tidak akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.” (QS An Nisa ayat 147)

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, bersyukur kepada Allah akan mendatangkan kecintaan-Nya dan mendapatkan ampunan dari segala dosa. Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

“Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran ayat 31)

Berita Lainnya:
Sadio Mane Bangun Masjid Sebagai Bentuk Bantuan Bagi Kampung Halamannya

Ada begitu kisah teladan dari para nabi orang-orang shaleh tentang syukur. Mereka bersyukur kepada Allah SWT dalam setiap keadaan, baik dalam suka maupun duka. Nabi Nuh AS memberi contoh tentang seorang hamba yang bersyukur.

Allah SWT berfirman ihwal Nabi Nuh AS:

ذُرِّيَّةَ مَنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۗ اِنَّهٗ كَانَ عَبْدًا شَكُوْرًا

“(Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur.” (QS. Al Isra ayat 3)

Alquran juga mengabadikan teladan dari Nabi Ibrahim AS yang bersyukur kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman:

اِنَّ اِبْرٰهِيْمَ كَانَ اُمَّةً قَانِتًا لِّلّٰهِ حَنِيْفًاۗ وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَۙ شَاكِرًا لِّاَنْعُمِهِ ۖاجْتَبٰىهُ وَهَدٰىهُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

“Sungguh, Ibrahim adalah seorang imam (yang dapat dijadikan teladan), patuh kepada Allah dan hanif. Dan dia bukanlah termasuk orang musyrik (yang mempersekutukan Allah), dia mensyukuri nikmat-nikmat-Nya. Allah telah memilihnya dan menunjukinya ke jalan yang lurus.” (QS. Ibrahim ayat 120-121)

Berita Lainnya:
Sejarah Bulan Syawal

Begitupun Nabi Muhammad SAW, yang merupakan hamba paling bersyukur kepada Allah SWT. Beliau SAW bangun di malam hari sampai kakinya bengkak, hingga menimbulkan keheranan seorang sahabat, yang kemudian bertanya kepada beliau SAW, “Bukankah Allah telah mengampuni dosa-dosa engkau yang lalu maupun yang akan datang?”

Lalu Rasulullah SAW bersabda,  أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا (Apakah aku tidak boleh menjadi hamba yang bersyukur?) (HR. Bukhari)

Karena itu, bersyukur kepada Allah menjadikan hidup lebih indah dan membahagiakan, menjadikan hati semakin suci, dan menjadikan jiwa semakin kokoh. Setiap Muslim harus bersyukur kepada Allah dalam segala keadaannya.

Sekalipun seorang hamba telah dilimpahkan kepadanya nikmat, keberkahan dan kekayaan, maka ia wajib bersyukur kepada Allah SWT agar dapat memperoleh rezeki dan keberkahan.

Adapun bersyukur adalah ketika seorang Muslim mengaitkan nikmat dan anugerah yang diperolehnya dengan Allah SWT, serta meyakini bahwa nikmat tersebut tidaklah berasal manapun kecuali Allah SWT.

 

 

sumber : Fatora.io

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi