Rabu, 24/04/2024 - 15:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei Poltracking: PKB Menang di Jatim, Tetapi Anies-Muhaimin Kalah

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Poltracking Indonesia mengungkapkan PKB, PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra menjadi tiga partai dengan perolehan suara tertinggi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Hal tersebut didapati dalam temuan survei yang diadakan Poltracking. Survei ini untuk mengukur peta kekuatan elektoral terkini capres – cawapres dan partai politik di Jatim mendekati hari pemilihan pada 14 Februari 2024. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Pada simulasi Surat Suara 18 Partai Politik peserta Pemilu 2024, PKB memperoleh elektabilitas (24 persen), diikuti PDI Perjuangan (16,7 persen), Partai Gerindra (15,5 persen),” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam paparannya pada Selasa (6/2/2024). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sedangkan, Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, dan PAN mendapat suara yang lumayan di Jatim. Adapun Perindo dan PKS mendapatkan suara amat minim. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perusahaan Milik Kawan Sambo Diduga Terlibat Korupsi Timah Rp271 Triliun

“Partai Golkar (8,2 persen), Partai Demokrat (5,4 persen), Partai Nasdem (5,4 persen), PAN (4,8 persen), PSI (3 persen), PPP (2,8 persen), PKS (2,7 persen), dan Partai Perindo (1,7 persen). Sementara, partai politik lainnya masih di bawah 1 persen,” ujar Hanta.

ADVERTISEMENTS

Dalam survei ini secara umum, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diprediksi akan menguasai pemilih di wilayah Jatim. Dua kompetitor Prabowo-Gibran disebut tertinggal jauh. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Simulasi surat suara tiga pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas 60,1 persen, diikuti pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 17,2 persen dan pasangan no urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 14,9 persen,” kata Hanta. 

Berita Lainnya:
Jadi Tersangka Pelecehan Seksual, Ketua DPC PSI Gubeng Surabaya Dipecat

Hanta mengungkapkan, hasil survei mendapati Prabowo-Gibran kian dominan dengan menguasai 32 kabupaten/kota di Jatim. Sehingga hanya ada empat daerah yang dikuasai Ganjar-Mahfud dan dua daerah dikuasai Anies-Muhaimin.

“Unggul paling banyak Prabowo-Gibran di 32 kabupaten kota, sementara Ganjar – Mahfud potensi unggul di empat kabupaten seperti Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Batu, Kota blitar. Sementara, Anies potensi unggul 2 kabupaten di Sampang dan Kabupaten Probolinggo,” ucap Hanta.

Diketahui, survei ini menggunakan metode stratified multi stage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 8.000 responden dengan margin of error +/- 1.1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dalam periode 25-31 Januari secara wawancara tatap muka. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi