Minggu, 21/04/2024 - 03:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PHRI Bali Sosialisasi Internal Pungutan Wisman Melalui Hotel

ADVERTISEMENTS

Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (25/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

DENPASAR — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali mengintensifkan sosialisasi internal terkait pungutan wisatawan mancanegara (wisman) yang salah satunya dapat diselesaikan langsung melalui hotel saat melakukan pemesanan kamar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kami di PHRI sudah jelas karena ini diberikan barcode, tamu bayarnya melalui itu (Love Bali),” kata Ketua PHRI Bali Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati di sela rapat kerja daerah PHRI Bali di Sanur, Denpasar, Rabu (7/2/2024).

ADVERTISEMENTS

Ia menjelaskan apabila wisatawan memesan kamar langsung melalui laman resmi hotel, maka pembayaran tidak masuk ke hotel, melainkan langsung ke rekening Bank BPD Bali. Bank BUMD itu merupakan bank persepsi yang menampung pungutan wisatawan asing sebagai bank yang mengelola kas daerah.

Berita Lainnya:
Akumindo Dorong Pengembangan UMKM Lewat Literasi Digital

Meski begitu, lanjut dia, pembayaran pungutan wisatawan melalui hotel merupakan imbauan. “Bayarnya langsung (aplikasi Love Bali), pembayaran tidak di hotel itu. Hotel hanya imbau saja dengan banner,” katanya.

Ada pun pembayaran pungutan wisatawan asing itu dapat dilakukan langsung melalui sistem Love Bali melalui laman di lovebali.baliprov.go.id mulai 14 Februari 2024.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kemudian bisa juga dilakukan di kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, agen kapal pesiar di Pelabuhan Benoa, akomodasi termasuk perhotelan, agen perjalanan, dan daya tarik wisata.

Berita Lainnya:
ID Survey Dukung Potensi Layanan TIC Indonesia Timur

Berdasarkan gambaran teknis dari Bank BPD Bali salah satunya untuk pungutan oleh agen, baik itu agen perjalanan, akomodasi, daya tarik wisata, dilakukan dengan mendaftarkan empat data wisatawan asing yakni nomor paspor, nama, alamat email, dan tanggal kedatangan secara daring melalui sistem Love Bali end point. Ada pun rencana teknis untuk prosesnya yakni setelah agen mendaftarkan data wisatawan, maka bank menerbitkan kode pembayaran, setelah itu bank mengirimkan notifikasi penyelesaian pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran kemudian bank menerbitkan bukti bayar berbasis QR Code ke email masing-masing wisatawan dan bank juga meneruskan notifikasi pembayaran berhasil kepada agen.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi