Senin, 22/04/2024 - 20:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Bappenas Bersama Kemendagri Gelar Rakor, Bahas Visi Indonesia Emas 2045

ADVERTISEMENTS

Kemendagri bersama Bappenas sedang membahas visi Indonesia Emas 2045. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Kementerian PPN atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) 2024. Acara itu dihadiri dan melibatkan Bappeda atau OPD provinsi terkait serta Kementerian/Lembaga yang terlibat dalam pembahasan usulan proyek pembangunan daerah. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Plt Deputi Bidang Regional Kementerian PPN/Bappenas Tri Dewi Virgiyanti memaparkan, acara ini bertujuan mempersiapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025. “Tahun 2025 adalah momen penting, sebab tiga dokumen perencanaan pembangunan RPJPN dan RPJPD, RPJMN dan RPJMD, serta RKP dan RKPD semuanya akan dimulai pada 2025,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (26/2/2024). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bappenas: Industrialisasi Percepat Pertumbuhan Ekonomi Menuju Negara Maju

Ia menambahkan, semua dokumen perencanaan tersebut harus kita selaraskan pada 2024 ini dari pusat sampai daerah. Tujuannya memastikan tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

ADVERTISEMENTS

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud juga menekankan pentingnya tahun depan sebagai tahun awal RPJMD 2025-2029 dan tahun pertama pelaksanaan RPJPN 2025-2045. “Tahun 2025 merupakan tahun pertama memulai implementasi semua dokumen perencanaan, tahun 2025 juga tahun pertama pemerintahan baru, sekaligus peletakan fondasi guna mencapai Indonesia Emas 2045, sesuai RPJPN,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Lalu mewakili Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro menyampaikan enam arahan yang meliputi aspek perencanaan berintegritas dan efisien, pembangunan berorientasi hasil, kemandirian fiskal melalui peningkatan pendapatan daerah, pemda yang ramah investasi, pendidikan dan kesehatan untuk kesejahteraan, dan pelayanan publik untuk mewujudkan keadilan. Rakortekrenbangnas yang digelar hari ini terbagi menjadi 38 desk, terdiri dari 33 desk urusan, tiga desk kewilayahan dan dua deks indikator makro.

Berita Lainnya:
China Interest to Import Indonesian Durian

Konsultasi teknis dan pendalaman tematik akan dilakukan pada setiap desk untuk memastikan terwujudnya kesatuan utuh terkait perencanaan pembangunan pusat dan daerah. Mengangkat tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan, terkait penyusunan RKP dan RKPD, rapat teknis ini harapannya semakin mempertajam dan mendukung tercapainya 8 misi pembangunan yang dijabarkan dalam 17 arah pembangunan dan 45 indikator utama pembangunan demi mencapai visi Indonesia Emas 2045. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi