Senin, 27/05/2024 - 22:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemendag Segera Wujudkan Tata Niaga Kratom

 JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) segera akan mewujudkan tata niaga kratom dalam waktu dekat. Rencana tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat menerima  perwakilan dari Asosiasi Petani Purik Indonesia (Appuri), di kantor Kemendag, Jakarta, Kamis, (14/03/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Zulkifli Hasan yang akrab dipanggil Zulhas, menjelaskan bahwa Kratom adalah primadona di Kalimantan Barat yang banyak diekspor ke luar negeri. Tata niaga kratom, dimaksudkan untuk menjaga nilai ekonomis dari tanaman kratom,  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Saya dari awal mendukung agar kratom bisa diekspor. Sekarang sudah bisa diekspor. Sekarang menurut saya, harus ditata (niaga), agar harganya itu tidak dijual murah, tidak asal-asalan,” kata Zulkifli Hasan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Manajemen Amburadul, PPP Lampung Tuntut Mardiono Mundur

Tanaman kratom asal Indonesia, khususnya dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, saat ini sangat digemari oleh pasar Amerika Serikat. Setiap bulan tercatat pengiriman kratom Kapuas Hulu ke Amerika Serikat sebanyak 2.000 ton. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

Kratom asal Kapuas Hulu di Amerika Serikat diolah lagi menjadi berbagai produk, mulai dari minuman kesehatan, minuman untuk kebugaran, hingga sabun yang mengandung analgesik. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Zulhas lebih lanjut menjelaskan, setelah ditataniagakan, kualitas kratom yang dijual harus bisa terjaga. Dengan demikian harga jual kratom akan tetap terjaga,dan bisa berdampak positif ke para petani. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini harus kita tata niagakan, agar harganya mendapatkan harga yang baik. Dan jangka panjang dapat kita olah menjadi barang yang bernilai tinggi dengan hilirisasi, dalam bentuk produk-produk jadi,” ujar Menteri Perdagangan. 

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Ketua Appuri, Ibrahim, menjelaskan bahwa pengelolaan industri Kratom, tentunya akan membantu mendongkrak perekonomian di tempat Kratom dibudidayakan. Selain itu, Kratom juga bisa memberikan manfaat kesehatan 

ADVERTISEMENTS

“Kratom membuat tingkat kriminalitas di Kapuas Hulu turun, karena tingkat pendidikan sekarang sudah tinggi, ekonomi masyarakat juga banyak yang terdongkrak oleh kratom ini,” kata Ibrahim. 

Berita Lainnya:
Setelah Kunjungi Lokasi Galodo di Sumbar, Jokowi Instruksikan Relokasi 100 Rumah

Ibrahim menambahkan, Selain sebagai tanaman karbon, kratom juga berhasil menjaga kelestarian lingkungan, karena menjadi tanaman penopang di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi