Kamis, 30/05/2024 - 07:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Resmi Beroperasi, Erick: Bandara Singkawang Bakal Dongkrak Perekonomian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan pengoperasian Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 JAKARTA — Bandar Udara (Bandara) Singkawang, Kalimantan Barat telah resmi beroperasi. Pengoperasian bandara berdaya tampung 400 ribu orang per tahun ini dimulai pada Rabu (20/3/2024). Hadir dalam peresmian Bandara Singkawang ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Menurut Erick, pembukaan bandara ini akan meningkatkan pelayanan terhadap aksesibilitas serta kegiatan ekonomi masyarakat di Kota Singkawang dan sekitarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Bandara Singkawang juga akan memberikan efek berganda dalam mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi,” ucap Erick. 

Dari bandara tersebut terdapat dua rute yang dilayani. Yaitu melayani rute penerbangan Singkawang-Pontianak dan Singkawang-Jakarta. Erick mengatakan seluruh fasilitas bandara dibangun di atas lahan seluas 151,5 hektare. Lahan tersebut terbagi menjadi dua fasilitas yaitu sisi udara dan darat.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Antisipasi Turbulensi Pesawat, Menhub Bakal Gandeng Lembaga Internasional

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Erick mengatakan pada sisi udara fasilitas yang dibangun adalah Runway sepanjang dua kilometer (km), serta Taxiway 200 meter. Hal itu menjadikan Bandara Singkawang sanggup digunakan oleh Pesawat Terbesar Airbus A320.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kemudian di sisi darat telah dibangun terminal seluas 8.000 meter persegi yang mampu menampung kapasitas pengunjung sekitar 400 ribu orang per tahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

“Untuk membangun seluruh fasilitas Bandara Singkawang tersebut dibutuhkan pembiayaan senilai  Rp 428 miliar,” lanjut Erick. 

ADVERTISEMENTS

Uniknya, ucap Erick, pembiayaannya berasal dari tiga sumber yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau dapat juga disebut Sukuk Negara, serta pembiayaan dari Corporate Social Responsibility (CSR). Erick melanjutkan, kekhasan lainnya yang ditanamkan pada Bandara Singkawang ini adalah konsep bangunannya yang mana eksterior, terinspirasi pada tiga gunung disekitar lokasi yaitu Gunung Raya, Gunung Pasi, dan Gunung Poteng.

Berita Lainnya:
Gandeng Sarinah, Astra Komitmen Kembangkan UMKM

“Adapun Interiornya menggunakan motif Batik Tidayu lambang keseimbangan kehidupan dan alam dengan simbol utama ornamen phoenix, burung enggang, dan kuda laut,” kata Erick. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi