Kamis, 30/05/2024 - 11:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jenis Diet Ini Terbukti Kurangi Risiko Demensia pada Kalangan Muda

 JAKARTA — Sebuah penelitian mengungkap bahwa diet ketogenik atau diet keto bisa mengurangi risiko demensia dan penurunan memori pada kalangan muda. Studi dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Diet keto adalah pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak, serta asupan jumlah protein yang terkontrol. Semula, diet ini diterapkan pada pengidap epilepsi, namun kini menjadi populer di kalangan masyarakat awam, yang mengklaim telah mendapat manfaat. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Dalam studi, para peneliti melanjutkan temuan mereka sebelumnya, yang menunjukkan peningkatan umur tikus yang menjalani diet keto sebesar 13 persen. Model hewan penyakit Alzheimer diberi diet ketogenik selama tujuh bulan, di mana memori kognitif dan plastisitas sinaptik (kemampuan beradaptasi situs koneksi saraf) terus dievaluasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Orang Bertubuh Tinggi Punya Banyak Keuntungan Menurut Studi, Benarkah Lebih Pintar?

Setelah konsumsi makanan dengan diet ketogenik, kadar BHB (beta-hydroxybutyrate) yang bersirkulasi, yang dihasilkan selama diet keto, mengalami peningkatan yang signifikan pada tikus jantan dan betina. Itu jika dibandingkan dengan kelompok kontrol.  

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Selama periode puasa, tingkat BHB ditemukan lebih tinggi, dengan tikus jantan menunjukkan tingkat yang jauh lebih tinggi. Ketika para peneliti memeriksa otak tikus yang diberi makan keto, mekanisme penyimpanan memori otak telah ‘diselamatkan’ secara signifikan.  

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Apabila hasilnya dapat diterapkan pada uji coba pada manusia, itu berarti kemungkinan menderita gejala Alzheimer pada usia lebih muda akan berkurang. Pola makan ini dipandang sebagai cara yang tepat untuk memperlambat munculnya Alzheimer.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Data tersebut mendukung gagasan bahwa diet ketogenik secara umum, dan BHB secara khusus, menunda gangguan kognitif ringan, dan mungkin menunda penyakit Alzheimer yang parah,” ujar salah satu penulis studi, Gino Cortopassi, dikutip dari laman //Devon Live//, Ahad (24/3/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Minggu Ke Empat Jadi Masa Paling Menantang Saat Berhenti Merokok, Bagaimana Mengatasinya?
ADVERTISEMENTS

Dengan kata lain, diet keto telah terbukti berpotensi membantu mencegah gangguan kognitif ringan dan kehilangan memori dini, yang sering dikaitkan dengan tahap awal penyakit Alzheimer. Diet keto dapat mengubah cara sel-sel otak terhubung dan berkomunikasi, serta menunda timbulnya penyakit. 

ADVERTISEMENTS

Namun, Cortopassi menjelaskan bahwa data tersebut tidak menunjukkan pola makan dalam diet keto dapat menghentikan penyakit tersebut. Dia menyoroti, diet keto hanya terbukti mencegah dan menurunkan risiko, bukan menyembuhkan demensia yang sudah diidap.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi