Senin, 27/05/2024 - 04:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

AS Bantah Gelar Serangan Udara ke Suriah 

 WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) membantah menggelar serangan udara ke Suriah setelah media pemerintah Suriah dan Iran mengatakan pengeboman pasukan AS pada Selasa (26/3/2024) pagi di timur negara itu menewaskan tujuh orang tentara termasuk anggota Garda Revolusi Iran. Media pemerintah Suriah mengatakan seorang warga sipil juga tewas dalam serangan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Media Suriah mengatakan selain menewaskan tujuh tentara serangan pada area pemukiman dan lokasi militer di Provinsi Deir al Zor juga melukai 19 tentara dan 13 warga sipil. Dalam laporannya media Suriah mengatakan pengeboman tersebut merusak properti pemerintah dan swasta. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Media pemerintah Iran mengatakan penasihat dari Garda Revolusi tewas dalam serangan udara. Tapi tidak menyebutkan pangkatnya. 

“Kami tidak menggelar serangan udara ke Suriah semalam,” kata juru bicara Pentagon Sabrina Singh di Washington, Rabu (27/3/2024). 

Sebelumnya pasukan yang didukung Iran di timur Suriah menyerang sekitar 900 tentara AS yang berada di wilayah-wilayah terpencil. AS meresponnya dengan menggelar serangan udara ke target-target yang berkaitan dengan Iran. Israel juga berulang kali menyerang target-target Iran di Suriah. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Tak Cuma Penangkapan Netanyahu, Mahkamah Internasional Tambah Perintah Lain untuk Israel 

Iran mengatakan perwira Garda Revolusi berperan sebagai penasihat di Suriah atas undangan Damaskus untuk membantu Presiden Bashar al-Assad menghadapi musuh internal dan ekstrenal. Termasuk dalam perang sipil melawan pasukan oposisi yang berlangsung selama sepuluh tahun. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dua intelijen regional Israel mengatakan pesawat jet Israel menggelar beberapa serangan ke dua lokasi di Kota Deir al Zor dan Al Bukamal di mana pos Garda Revolusi Iran berada. Sumber intelijen Barat mengatakan milisi Iran memiliki kehadiran di Provinsi Deir al Zor di timur Suriah dekat perbatasan Iran. 

Sumber-sumber tersebut mengatakan serangan lain menghantam kota Mayadeen di sepanjang Sungai Eufrat yang  menjadi basis utama bagi beberapa milisi Syiah, sebagian besar dari Irak.

ADVERTISEMENTS

Israel, yang khawatir dengan meningkatnya pengaruh regional dan kehadiran militer Iran di Suriah, mengatakan  mereka menggelar ratusan serangan di Suriah untuk memperlambat masuknya Iran. Israel belum mengomentari serangan hari Selasa.

ADVERTISEMENTS

Selama setahun terakhir, serangan drone Israel terkonsentrasi di kota perbatasan Albu Kamal, sebelah tenggara Mayadeen, yang terletak di rute pasokan strategis untuk milisi yang didukung Iran yang secara teratur mengirim bala bantuan dari Irak ke Suriah.

Berita Lainnya:
Pasukan IDF Terus Berguguran, Israel Terpaksa Panggil Veteran Gaek

Milisi yang didukung Iran juga menguasai sebagian besar wilayah perbatasan di sisi Irak.

Kementerian Luar Negeri Suriah mengutuk serangan udara pada hari Selasa dan mengatakan Washington bertukar peran dengan Israel. Kementerian menambahkan AS dan Israel berusaha untuk menimbulkan ketidakstabilan di wilayah tersebut. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi