Senin, 27/05/2024 - 05:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Bea Cukai Sulbagsel: Sebanyak 1,98 juta batang rokok ilegal disita per Februari 2024

Petugas menuangkan minyak tanah ke tumpukan rokok ilegal hasil penindakan saat pelaksanaan pemusnahan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/6/2021). Sebanyak 162.321 batang rokok ilegal, 115 botol hasil penindakan pengolahan tembakau lainnya (HPTL) dan 1.157 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dimusnahkan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 MAKASSAR — Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) sepanjang Januari-Februari 2024 menyita dan sebanyak 1,98 juta batang rokok ilegal tanpa cukai.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kepala Bidang Kepabeanan DJBC Sulbagsel Zaeni Rokhman, di Makassar, Kamis, mengatakan hasil penindakan yang dilakukan jajaran DJBC Sulbagsel sangat baik. “Untuk kinerja penindakan oleh anggota di jajaran itu sangat baik karena Januari-Februari 2024 sudah menyita dan 1,98 juta batang rokok ilegal,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Habib Bahar bin Smith Bukan Orang Sembarangan, Bongkar Harta Kekayaan hingga Koleksi Mobil Mewah, Sumber Pendapatan HBS Benar-Benar Mengejutkan, Ternyata dari...

Zaeni mengatakan penindakan yang dilakukan itu banyak dibantu oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan. Dia menyatakan banyaknya rokok ilegal tanpa cukai dan beredar di daerah-daerah di Sulsel itu banyak diproduksi secara rumahan.

Bahkan ada juga rokok ilegal beredar dari luar Pulau Jawa yang masuk ke Sulsel melalui jalur laut atau Kapal Roro saat sandar di pelabuhan. Meski demikian, ia mengaku jika pengawasan terus dilakukan oleh pihak Bea Cukai bersama aparat Satpol-PP di sejumlah daerah serta memberikan edukasi kepada para pedagang untuk tidak menjual rokok tanpa cukai tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jenazah Mayor Purn Suwanda Dibawa ke Cirebon

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Yang pasti dari 1,98 juta batang rokok ilegal yang beredar di Sulsel itu merugikan negara sekitar Rp2,05 miliar dengan nilai rokok sekitar Rp3,01 miliar,” katanya.

Selain itu, pengungkapan barang ilegal tentunya berkat upaya patroli siber dan informasi dari intelijen. Sebab, kebanyakan barang ilegal yang masuk di wilayah kerjanya melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros, baik yang dibawa penumpang maupun barang dikirim melalui jalur udara.

ADVERTISEMENTS

“Tidak hanya barang (impor), tapi ada beberapa makanan dan bahan-bahan lainnya yang secara ketentuan dilarang atau tidak diijinkan masuk yang kita temukan,” ungkap Zeani.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi