Rabu, 01/05/2024 - 21:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Legislator Usulkan Gudmurah Kodam Jaya di Ciangsana Direlokasi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi mendorong investigasi penuh terhadap insiden kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3/2024) malam WIB. Termasuk, evaluasi terhadap lokasi gudang tersebut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Walaupun tidak sedahsyat ledakan gudang amunisi di Cilandak KKO Marinir, 29 Oktober 1984 lalu, tetap saja musibah ini harus segera diselidiki dan dievaluasi,” ujar Bobby saat dihubungi di Jakarta, Senin (1/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Baca: Citra Satelit Ungkap Permukiman Mendekat ke Gudmurah Kodam Jaya

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut dia, lokasi Gudmurah Kodam Jaya yang sekarang dekat permukiman perlu ditinjau ulang. “Adanya gudang amunisi dengan radius lokasi permukiman yang sudah berkembang berpuluh-puluh tahun setelah gedung tersebut dibangun, perlu dipertimbangkan untuk direlokasi,” ucap politikus Partai Golkar tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pimpim HUT Ke-78 TNI AU, Panglima Singgung Konflik Laut China Selatan

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dia menyampaikan, Komisi I DPR akan menggelar rapat untuk mendalami insiden ledakan berujung kebakaran gedung amunisi tersebut. Forum tersebut akan mengevaluasi apakah Gudmurah Kodam Jaya tetap perlu dipertahankan di tempat sekarang atau sebaiknya dipindah.

Kendati demikian, Bobby enggan menyalahkan TNI AD ataupun pihak yang membangun rumah di dekat Gudmurah Kodam Jaya tersebut. Sebab, mungkin saja pembangunan permukiman adalah hal yang belum diantisipasi sebelumnya.

Baca: Penampakan Gudang Munisi Daerah Kodam Jaya yang Meledak

“Walaupun tidak ada korban jiwa seperti peristiwa ledakan Cilandak KKO, tindakan preventif harus segera dilakukan, dan disisir bilamana ada granat atau amunisi yang tersebar seperti yang ada di medsos, ada yang di rumah penduduk,” ujar Bobby.

Berita Lainnya:
Pemerintah Ganti Rugi 31 Rumah Rusak Akibat Ledakan Gudmurah Kodam Jaya

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengaku akan mengevaluasi standar operasional prosedur (SOP) penyimpanan amunisi kedaluarsa di Gudmurah Kodam Jaya. Agus menekankan untuk melakukan percepatan pembuangan ataupun peledakan agar insiden serupa tidak terulang kembali.

“Itu saja (percepatan), karena ini kan kami sedang menunggu tahap-tahap tadi itu, tetapi sebelum waktu di-disposal sudah meledak karena tadi itu, sensitif tadi, ya, si amunisi tersebut,” ujar Agus di Ciangsana, Kabupaten Bogor, Ahad (31/3/2024).

Baca: Satbravo 90 Kopasgat dan Pasukan Khusus AS Latihan Bersama Sergap Musuh

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi