Senin, 17/06/2024 - 05:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

BPOM: Simpan Pisang dan Tomat di Suhu Ruang, Jangan di Lemari Es

 JAKARTA — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan seluruh jenis buah dan sayur di dalam lemari es. Pasalnya, terdapat beberapa jenis buah yang justru tidak dapat disimpan di dalam lemari pendingin.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pisang, kalau disimpan di dalam kulkas nanti akan cepat layu, kemudian tomat, bisa tidak bagus kualitasnya, lebih baik ditaruh di luar dengan suhu ruang,” kata Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM Ima Ananda dalam diskusi bertajuk “Keamanan Pangan untuk Konsumen Cerdas” yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Selain tomat dan pisang, Ima menyebutkan mangga yang termasuk ke dalam buah tropis seperti pisang juga disarankan untuk tidak disimpan di dalam lemari es karena dapat mengurangi kualitasnya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Benarkah Cinta pada Pandangan Pertama Itu Nyata? Ini Penjelasan Ilmiahnya

“Kentang juga, kalau disimpan di kulkas nanti akan lembab, cepat hijau, dan bisa tumbuh tunas. Kalau kentang sudah hijau artinya sudah tidak boleh dikonsumsi,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Adapun bahan pangan yang lain, Ima menyarankan untuk tidak menyimpan telur di dalam lemari es jika belum dibersihkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Menurutnya, telur yang belum dibersihkan secara alami mengandung bakteri salmonella pada kulitnya, yang dapat mengontaminasi makanan yang lain di dalam lemari es.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Jika ingin menyimpan telur di dalam lemari es untuk alasan agar tahan lama, Ima mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan telur terlebih dahulu dengan menggunakan lap kering atau sedikit basah, karena bila dicuci dengan air, dapat menyebabkan telur menjadi cepat busuk.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Ia juga mengungkapkan makanan beku yang telah di-vakum bukan berarti boleh disimpan di suhu ruang.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Hindari Satu Kata Ini Ketika Bicara dengan Diri Sendiri, Picu Perasaan Bersalah

“Dia tetap memerlukan suhu beku, karena apa? vakum itu menghilangkan udara. Memang beberapa bakteri tidak bisa tumbuh, tapi ada bakteri yang justru bisa tumbuh saat tidak ada oksigen,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia menekankan suhu optimal pertumbuhan bakteri berada pada 4-60 derajat Celsius. Untuk itu, ia menganjurkan agar tidak menstok makanan yang tidak dapat disimpan di dalam lemari es dalam jumlah yang banyak, agar tidak busuk dan segera mengonsumsinya saat kondisinya masih baik.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Jangan lupakan prinsip FIFO atau First In First Out dan FEFO atau First Expired First Out dalam hal mengambil makanan dari kulkas,” kata Ima.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَن شَاءَ فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاءَ فَلْيَكْفُرْ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا ۚ وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ ۚ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [29] Listen
And say, "The truth is from your Lord, so whoever wills - let him believe; and whoever wills - let him disbelieve." Indeed, We have prepared for the wrongdoers a fire whose walls will surround them. And if they call for relief, they will be relieved with water like murky oil, which scalds [their] faces. Wretched is the drink, and evil is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [29] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi