Selasa, 30/04/2024 - 04:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Coba Ketik ‘Gerhana Matahari’ di Google, Animasi Unik akan Muncul untuk Pengguna

ADVERTISEMENTS

Gerhana matahari total. Google ikut menyemarakkan fenomena gerhana matahari dengan menayangkan ilustrasi unik di laman pencariannya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Google memiliki cara sendiri untuk ikut menyemarakkan fenomena gerhana matahari yang terjadi pada hari ini, Senin (8/4/2024). Bagi pengguna, silakan ketik “Gerhana Matahari” atau “Solar Eclipse” di Google, maka akan muncul animasi spesial gerhana matahari. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam animasi tersebut, pengguna yang menelusuri frasa “gerhana matahari” dapat melihat hamparan grafis yang menggambarkan fenomena tersebut. Yakni momen ketika bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga hanya memperlihatkan lapisan terluar matahari yang disebut corona.

ADVERTISEMENTS

Google membuat animasi spesial untuk mengingatkan pengguna bahwa hari ini akan ada gerhana matahari total. Gerhana matahari total hanya akan terlihat di sebagian wilayah Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Apa Itu Rangkuk Alu yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

 

Pengguna juga bisa mengetik kata kunci lain seperti Gerhana 8 April, Gerhana 2024, Gerhana matahari, Gerhana matahari 2024, dan Gerhana matahari total. Dilansir Hindustan Time, menjelang gerhana matahari total yang jarang terjadi, masyarakat Amerika telah menyelenggarakan festival, pesta tontonan, dan bahkan pernikahan massal di sepanjang jalur totalitas gerhana. Banyak sekolah di sepanjang jalur itu akan ditutup atau membiarkan muridnya pulang lebih awal.

Beberapa maskapai penerbangan telah mengiklankan penerbangan yang dijadwalkan melintas di bawah gerhana, sementara Delta bahkan telah merencanakan dua perjalanan khusus di jalur totalitas. Penduduk Amerika bagian selatan dan tengah berharap awan hujan tidak merusak fenomena gerhana. Karena gerhana matahari total berikutnya baru dapat dilihat lagi dari sebagian besar Amerika Utara pada 2044 mendatang.

Berita Lainnya:
Kritik Film Oppenheimer, Video Aljazirah Jadi Viral

NASA akan meluncurkan tiga roket yang berbunyi sebelum, selama, dan setelah gerhana untuk mempelajari perubahan yang disebabkan oleh kegelapan mendadak pada ionosfer, lapisan atas atmosfer yang penting untuk komunikasi radio jarak jauh. Gerhana matahari terjadi ketika bulan melintas di antara bumi dan matahari sehingga mengaburkan pandangan matahari dari sebagian kecil Bumi, baik seluruhnya maupun sebagian.

Gerhana matahari total dapat disaksikan bersama NASA. Tonton siaran langsung yang menampilkan pemandangan dari berbagai lokasi di sepanjang jalur, analisis pakar, demonstrasi langsung, dan konten menarik lainnya. NASA akan memulai siaran langsungnya pada 8 April pukul 17.00 GMT (00.00 WIB) dan berlanjut hingga pukul 20.00 GMT (03.00 WIB).

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi