Kamis, 23/05/2024 - 00:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jumlah Sampah di Lombok Tengah Meningkat 10 Ton, Didominasi Sampah Rumah Tangga

Pekerja menggunakan alat berat meratakan sampah (ilustrasi). selama Ramadhan hingga libur Lebaran 2024 jumlah sampah di Lombok Tengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 10 ton per hari.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

LOMBOK TENGAH — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat selama Ramadhan hingga libur Lebaran 2024 jumlah sampah mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 10 ton per hari. Peningkatan jumlah sampah ini tidak terlepas dari padatnya aktivitas masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Sampah yang paling mendominasi adalah sampah rumah tangga,” kata Kepala DLH Lombok Tengah, Lalu Sarkin, di Praya, Kamis (18/4/2024).

Berita Lainnya:
Prabowo Sebut Ada Partai Mengaku Miliki Bung Karno, Sindir PDIP?

Ia mengatakan jika di hari normal sebelum Ramadhan jumlah sampah per hari yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pengengat, Kecamatan Pujut 50 ton per hari, namun selama Ramadhan hingga masa libur malah jumlahnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Selama Ramadhan ini jumlah sampah meningkat 10 ton per hari. Jadi sekitar 60 ton yang diangkut ke TPA,” katanya.

Ia mengatakan semua sampah ini diangkut menggunakan 20 unit armada. Dengan meningkatnya volume sampah ini maka yang seharusnya tiap unit truk biasa memuat dua kali sampah menuju TPA, namun selama Ramadhan harus mengangkut tiga kali sehari.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Warga Bandung Antusias Nikmati Jalan Braga Bebas dari Kendaraan Bermotor

“Memang peningkatan sampah ini lebih didominasi oleh sampah rumah tangga, apalagi menjelang Lebaran aktivitas masyarakat sangat padat,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Mantan Kabag Ekonomi Setda Lombok Tengah ini menegaskan untuk sampah di area wisata pihaknya tidak bisa menjelaskan secara detail peningkatannya, mengingat sampah yang mereka angkut adalah sampah yang berada di TPS. “Tapi pasti meningkat juga sampah di wilayah wisata apalagi dengan padatnya kunjungan wisatawan,” katanya.

 

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi