Kamis, 23/05/2024 - 03:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Menlu Retno: Penyelesaian Masalah Palestina Kunci Kestabilan Timur Tengah

 JAKARTA — Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa penyelesaian masalah Palestina menjadi kunci kestabilan kawasan di Timur Tengah. Hal ini juga disampaikannya saat berkomunikasi dengan para menteri luar negeri sejumlah negara untuk menurunkan ketegangan antara Iran-Israel.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Semua pihak juga paham kalau isu Palestina, isu Gaza tidak diselesaikan, maka akan sulit mewujudkan kestabilan di kawasan Timur Tengah,” kata Menlu Retno di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Lebih lanjut, Menlu Retno juga mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Hongaria pada Rabu (17/4/2024) malam. Menurutnya, Hongaria memiliki hubungan cukup dekat dengan Israel.

Karena itu, dalam komunikasinya dengan berbagai menlu, Menlu Retno menekankan agar dilakukan de-eskalasi ketegangan di Timur Tengah.

“Kita kembali lagi prinsipnya semua pihak yang saya hubungi sama, bahwa kita tidak ingin melihat adanya eskalasi. Tetapi, kita tahu perlu kerja keras semua pihak untuk menghindari eskalasi,’ ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Biden Umumkan Sanksi Bagi Pelanggar Kebebasan Pers di Dunia, Israel Termasuk?

Karena itu, Retno mengatakan pentingnya semua pihak menggunakan pengaruhnya untuk menurunkan eskalasi. “Dan saya sampaikan isi pembicaraan saya dengan menteri luar negeri Iran, dengan menteri luar negeri negara-negara Arab, dengan menteri luar negeri Amerika Serikat dan saya akan terus melakuka komunikasi karena kita tahu masalahnya cukup kompleks,” ungkap Menlu Retno.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Retno juga membahas soal isu Timur Tengah saat Menteri Luar Negeri China Wang Yi berkunjung ke Indonesia. “Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk melakukan de-eskalasi,” ucap Retno dalam pernyataan pers bersama Wang Yi di Jakarta, Kamis.

Berita Lainnya:
Menlu Retno: OKI Harus Bersatu Bela Palestina

Menlu RI menyebut dalam dialog bilateral dengan Menlu Wang Yi, ia telah menjelaskan upaya diplomatik yang ditempuh Indonesia sejauh ini untuk meredakan eskalasi di Timur Tengah.

ADVERTISEMENTS

Retno meyakini bahwa China akan memanfaatkan pengaruh yang dimilikinya untuk mencegah konflik di kawasan tersebut semakin meluas. Indonesia dan China, menurut dia, juga memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya menghentikan agresi Israel di Jalur Gaza dengan gencatan senjata. Kedua pihak pun sepakat bahwa konflik Israel-Palestina harus diselesaikan secara adil melalui solusi dua negara, dan Palestina harus diterima sebagai anggota penuh PBB.

ADVERTISEMENTS

“Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa penyelesaian isu Palestina,” kata Retno menegaskan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi