Sabtu, 04/05/2024 - 05:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Hamas: AS Berikan Perlindungan Politik pada Pembantaian oleh Israel

ADVERTISEMENTS

 ISTANBUL — Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, mengatakan puluhan ribu rakyat Palestina di Jalur Gaza dibunuh dengan menggunakan senjata Amerika Serikat (AS). Hal ini ia sampaikan saat berkunjung ke Turki untuk bertemu Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pejabat pemerintah Turki lainnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Haniyeh mengatakan veto Washington di Dewan Keamanan PBB efektif memberikan perlindungan politik atas tindakan Israel. Veto itu membatalkan langkah memberikan keanggotaan penuh PBB pada Palestina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Posisi AS menipu, meskipun mereka mengatakan tidak ingin warga sipil dirugikan, ini adalah upaya manipulasi. Semua warga sipil yang terbunuh di Gaza, ribuan, puluhan ribu syahid, dibunuh dengan senjata AS, dengan roket AS, di bawah perlindungan politik AS,” kata Haniyeh seperti dikutip dari Anadolu Agency, Ahad (21/4/2024).  

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Apa arti veto AS terhadap resolusi gencatan senjata di Dewan Keamanan PBB? Itu artinya AS memberikan perlindungan penuh dan payung untuk melanjutkan pembantaian dan pembunuhan terhadap Gaza,” kata Haniyeh dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Anadolu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Erick Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Ia menambahkan veto AS terhadap keanggotaan penuh Palestina di PBB menunjukkan Washington merangkul posisi Israel dan menentang hak-hak rakyat Palestina. Haniyeh memperingatkan rencana Israel menggelar serangan ke Rafah. Ia mengatakan serangan itu dapat mengakibatkan pembantaian rakyat Palestina.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Saya menyerukan pada semua negara-negara persaudaraan, saudara-saudara kami di Mesir, saudara-saudara kami di Turki, saudara-saudara kami di Qatar sebagai mediator dan negara-negara Eropa, untuk mengambil tindakan menahan agresi (Israel) dan mencegah operasi di Rafah serta penarikan penuh (tentara Israel) dari Jalur Gaza dan menakhiri serangan di Gaza,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Mengenai perlawanan rakyat Palestina, Haniyeh mengatakan “bila musuh Zionis masuk Rafah, rakyat Palestina tidak akan mengibarkan bendera putih. Pejuang perlawanan di Rafah siap untuk membela diri dan melawan serangan.”

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Iran: Krisis Berakhir Jika Israel Setop Operasi Militer di Palestina

Israel menolak kesepakatan gencatan senjata di Gaza meski semua negosiasi sudah dilakukan dan puluhan proposal sudah diajukan melalui mediator. “Yang mereka inginkan hanya memulangkan tahanan dan memulai kembali perang di Gaza, dan itu tidak mungkin,” kata Haniyeh.

“Tentara Israel harus sepenuhnya ditarik mundur dari Gaza. Israel juga tidak ingin pengungsi kembali pulang ke utara Gaza. Mereka menerima pemulangkan terbatas dan bertahap, itu tidak bisa diterima,” katanya.

Ia menekankan Israel mengusulkan pertukaran segelintir sandera untuk tahanan Palestina. Meski sudah hampir 14 ribu orang Palestina ditahan Israel di Tepi Barat dan Gaza sejak 7 Oktober lalu. “Adalah Israel dan AS yang tidak memberikan tekanan apapun (kepada Israel), dan, itulah yang menghalangi tercapainya kesepakatan. Segera setelah Israel menerima tuntutan-tuntutan ini, kami akan siap untuk mencapai kesepakatan,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi