Sabtu, 04/05/2024 - 05:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Produksi Kelapa Sawit PT Astra Agro Naik di Tengah Tantangan Produktivitas

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT Astra Agro Lestari mencatat, produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti naik sebesar 4,8 persen menjadi 3,31 juta ton pada 2023. Sebelumnya pada 2022 sebanyak 3,16 juta ton.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Perusahaan menilai, industri kelapa sawit dalam negeri memang tengah menghadapi tantangan produktivitas. Salah satunya disebabkan oleh usia rata-rata tanaman nasional yang menua.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Disebutkan, sebanyak 46 persen merupakan tanaman yang memasuki pertumbuhan negatif. Maka, tantangan peningkatan produktivitas pada 2023 dinilai semakin serius, mengingat siklus el nino yang harus dihadapi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk Santosa mengatakan, tantangan dari sisi harga pun tidak kalah penting. Pada 2022, harga berbagai komoditas mengalami lonjakan yang bisa dikatakan sebagai anomali.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pelaku UKMK Didorong Kembangkan Produk Hilirisasi Kelapa Sawit

Harga Crude Palm Oil (CPO) di pasar global pada 2022 lalu tercatat sebagai harga tertinggi sepanjang sejarah industri, yakni mencapai 1,813 dolar AS per ton. Dibandingkan 2023, harga rata-rata CPO senilai 964 dolar AS per ton, atau mengalami penurunan hingga 13,9 persen.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Penurunan harga yang tajam ini menimbulkan koreksi kinerja keuangan industri kelapa sawit Indonesia, termasuk Perseroan,” ujar Santosa dalam Public Expose di Menara Astra, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menyebutkan, tahun lalu perusahaan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 21,83 triliun atau turun sebesar lima persen dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
KAI Gelar Promo Bursa Pariwisata, Ini Daftar Tiket Yang Didiskon 20 Persen

Penurunan tersebut dinilai berpengaruh pada laba bersih Perseroan. Perseroan membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik perusahaan menjadi Rp 1,06 triliun, turun sebesar 38,8 persen dibandingkan 2022 sebesar Rp 1,73 triliun.

Meski banyak tantangan, namun kata dia, perseroan optimistis menghadapi masa depan industri kelapa sawit. Dikatakan pula, solusi mengatasi tanaman yang sudah tua yakni dengan terus melakukan replanting. 

“Sepanjang tahun 2023, Perseroan berhasil meremajakan perkebunan seluas 4.713 hektar dengan bibit unggul dari hasil pengembangan research and development kami. Ini menjadi strategi perusahaan dalam peningkatan produktivitas jangka panjang,” tutur dia. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi